Ilustrasi Sindrom Tangan Alien (Dok.PinkKorset)

Fakta Penyakit Sindrom Tangan Alien, Bisa Buat Lengan Bergerak Sendiri?

Mei | Kesehatan | 20-06-2022

PARBOABOA - Pernahkah kamu merasa seolah-olah tangan mu bergerak dengan sendirinya? Atau kamu bahkan sadar tangan mu bergerak, namun kamu tak dapat menghentikannya?

Kita semua tahu bahwa pada umumnya sebuah gerakan dilakukan secara sadar dan dapat di kontrol, akan tetapi lain halnya dengan denyut jantung yang tak dapat diatur gerakannya dan cenderung mengalir begitu saja.

Namun, taukah kalian? Ternyata dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, ada beberapa orang yang mengalami suatu kondisi dimana ia tidak dapat mengontrol pergerakan tangannya sendiri.

Kondisi ini sering disebut sebagai penyakit sindrom tangan alien, dimana ini merupakan jenis kelainan yang menyerang sistem syaraf dan merupakan sebuah penyakit yang sangat langka.

Bagaimana sebenarnya penyakit sindrom tangan alien itu? Penasaran? yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Fakta Sindrom Tangan Alien

1. Menyebabkan tangan seolah bergerak sendiri

Fakta sindrom tangan alien yang pertama adalah para penderitanya biasanya tidak dapat mengendalikan pergerakan tangannya, hal ini membuatnya seolah-olah tangannya bergerak sendiri.

Menurut data yang diperoleh dari Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry, umumnya tangan yang paling berpotensi terkena sindrom tangan alien adalah tangan kiri.

2. Gerakan yang dibuat bisa bermacam-macam

Fakta mengenai sindrom tangan alien berikutnya adalah dapat membuat tangan melakukan bermacam gerakan tanpa dapat di cegah.

Untuk beberapa kasus yang masih tergolong ringan, gejalanya hanya sebatas tangan terasa melayang dan bergetar tanpa diketahui oleh penderita.

Biasanya, para penderita penyakit ini akan tersadar saat mengetahui tangannya sudah menggenggam atau menyentuh sesuatu.

Sedangkan kasus yang tergpolong berat, penderita sindrom tangan alien biasanya akan mendapati tangannya melakukan sebuah pergerakan yang sangat bertentangan dengan apa yang ada di otak dan pikirannya.

3. Sindrom ini disebabkan oleh kelainan pada sistem saraf

Fakta berikutnya tentang sindrom tangan alien  adalah ternyata penyakit ini disebabkan karena adanya faktor tertentu.

Berdasarkan beberapa sumber, ternyata orang yang berpotensi mengalami penyakit ini adalah mereka yang pernah mengidap stroke, tumor otak, dan trauma sebelumnya.

Tak hanya itu, beberapa penyakit lainnya seperti kanker, aneurisme otak, operasi epilepsi, dan penyakit saraf degeneratif juga berkaitan dengannya.

4. Kondisi otak pengidap sindrom tangan alien

Berdasarkan sebuah penelitian yang di lakukan di Baylor University Medical Center Proceeding, ditemukan bahwa kondisi otak pengidap sindrom tangan alien biasanya akan memiliki lesi (luka) di bagian corpus callosum dan korteks posterior parietal. Keduanya berada di bagian depan dan mengandung banyak ujung saraf.

Umumnya, mereka yang masih dalam kondisi yang sehat, aktivitas motorik menunjukkan aktifnya jaringan saraf yang luas.

Namun, bagi mereka yang terkena penyakit sindrom tangan aliean, lesi mengisolasi area yang mengatur aktivitas motorik.

Tak sampai di situ saja, kerusakan pada korteks juga menghilangkan sebagian kesadaran gerakan.

5. Cara diagnosis sindrom tangan alien

Pada dasarnya penyakit yang satu ini baru bisa didiagnosis setelah melalui serangkaian obeservasi dan juga evaluasi.

Adapun beberapa aspek yang nantinya akan di lakukan sebuah evaluasi adalah riwayat kesehatan, keluhan, gejala yang dialami, dan pengobatan apa saja yang pernah dilakukan oleh pasien.

Perlu kalian ketahui bahwa cara mendeteksi penyakin sindrom tangan alien ini cukup sulit untuk dilakukan karena menyangkut masalah neurologis dan kejiwaan.

6. Cara pengobatan sindrom tangan alien

Untuk pengobatan sendiri, hingga saat ini ternyata belum ditemukan obat yang mujarab yang dapat mengatasi penyakit sindrom tangan alien.

Akan tetapi, alternatif pengobatan ini dapat dilakukan dengan melalui serangkaian terapi yang tujuannya untuk mengontrol pergerakan otot.

Adapun jenis terapi yang sering diterapkan untuk mengatasi masalah ini adalah botox dan benzodiazepine. Cara tersebut terbukti berhasil meredakan gejala pada sebagian kasus.

7. Cara mencegah gerakan tangan yang tidak terkendali

Kondisi sindrom tangan alien tentulah merupakan suatu hal yang cukup mengganggu aktivitas, khususnya bagi mereka yang sedang berada di lingkungan yang ramai orang.

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah terjadinya gerakan yang berpotensi untuk mengganggu.

Beberapa diantaranya adalah dengan menaruh tangan di bawah kaki, menahan tangan yang bermasalah dengan tangan lainnya, atau dengan menggenggam benda untuk menghalangi gerakan.

Namun sebenarnya kalian tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit ini masih tergolong kedalam penyakit yang sangat langka, sehingga hanya sedikit kasus saja yang ada di dunia.

Tag : #penyakit aneh    #sindrom    #penyakit    #sindrom tangan alien    #penyakit syaraf   

Baca Juga