Barisan lilin berjejer di Keleteng (KOMPAS.com)

Suasana Perayaan Tahun Baru Imlek di Vihara Maitreya

Sarah | Daerah | 01-02-2022

PARBOABOA, Medan - Pelaksaan ibadah perayaan Tahun Baru Imlek 2022 berlangsung di Vihara Maitreya, Komplek Perumahan Cemara Asri, Jalan Cemara Asri Boulevard Raya, Kecamatan Percut Seituan, Selasa (1/2/2022).

Pengurus Vihara Mitreya Dicky mengatakan bahwa tidak ada pelaksanaan event apa pun di Vihara tersebut. Hanya ibadah umum saja yang tetap berlangsung.

"Jadi kegiatan kita hari ini tidak ada even apapun. Cuma untuk umat Buddha yang mau ibadah kita buka. Kemudian di sini ada pemasangan lampion, lilin, serta kartu nasihat," kata Dicky.

Dicky menyebut, adapun pembeda perayaan Tahun Baru Imlek 2022 di Vihara Maitreya kali ini yakni soal pemasangan lampion. Diketahui tahun lalu hanya sekitar 300 lampion yang dipasang. Sementara tahun ini 700 - 800 lampion yang dipasang. Pengurus juga tidak memasang dekorasi apapun di masa perayaan imlek ini. Tak hanya itu, pihaknya juga menjalankan protokol kesehatan dengan membatasi pengunjung di Vihara Maitreya.

"Ibadah di mulai 06.30 WIB sampai 09.30 WIB," jelasnya.

Ia mengungkapkan kepada seluruh pengunjung yang merayakan Imlek semoga senantiasa diberkati dan diberikan kesehatan di masa pandemi Covid-19. Dan semoga usaha para pengunjung berjalan lancar, serta Indonesia dapat lebih harmonis buat ke depannya.

Dicky mengatakan bahwa perayaan tahun ini lebih ramai dari tahun sebelumnya. Sebab, sebelumnya banyak masyarakat yang belum di vaksin sehingga masih was-was untuk keluar rumah.

Sementara itu, Kompol Johanes Sejahtera Sembiring, sebagai Perwira Menengah Pengawas (Pamenwas) dari Polrestabes Medan menjelaskan pihaknya sampai kini masih berada di Vihara Maitreya guna memantau keamanan.

"Ada 25 personil yang diturunkan dari gabungan Polrestabes Medan dengan Polsek Percut Sei Tuan. Mulai kemarin kita sudah melakukan pengamanan sekitar pukul 17.00 WIB," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya sudah melakukan sterilisasi  dengan pihak Brimob dan dinyatakan aman. Ia menjelaskan untuk warga yang beribadah dihimbau menaati protokol kesehatan.

Tag : #imlek    #vihara maitreya    #polrestabes medan    #berita sumut    #berita medan   

Baca Juga