Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa subvarian omicron XBB telah masuk ke Indonesia (Foto: Parboaboa/ Felix)

Menkes: Subvarian Omicron XBB Sudah Masuk Ke Indonesia

Dimas | Kesehatan | 22-10-2022

PARBOABOA, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa virus Corona subvarian Omicron XBB kini sudah masuk ke Indonesia. Subvarian baru ini di sebut-sebut sebagai penyebab dari lonjakan kasus Covid-29 di beberapa negara.

"Singapura sekarang kasusnya naik lagi ke 6.000 per hari karena ada varian baru yang namanya XBB. Varian ini juga sudah masuk ke Indonesia. Kita amati terus," ujar Budi dalam acara FMB9, Jumat (21/10).

Meski begitu, Budi mengatakan Indonesia sendiri telah berhasil mengatasi pandemi. Hal itu ditandai dengan penurunan kasus Covid-19 selama Juli-Agustus 2022.

"Masih ada tantangan karena varian baru masih akan tumbuh," katanya.

Kemudian, Ia menuturkan bahwa Indonesia beruntung lantaran vaksinasi Covid-19 berjalan baik sehingga imunitas masyarakat terjaga. Selain itu, protokol kesehatan yang konservatif masih dijalankan oleh masyarakat, terutama pemakaian masker.

"Negara-negara lain sudah pede buka masker dan itu sebabnya yang terjadi kayak di Singapura sekarang naiknya cukup tinggi," ujarnya.

Terpisah, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril menyebut, varian XBB baru ditemukan satu kasus dan menyebar di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun demikian, ia mengimbau kepada masyarakat tidak perlu khawatir atau panik berlebihan. Pasalnya, omicron XBB ini hampir sama dengan omicron yang sudah ada sebelumnya.

"Sudah ada satu kasus di Nusa Tenggara Timur," beber Syahril saat ditemui di Gedung Kemenkes RI, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2022).

"Tidak perlu panik. Sama saja seperti subvarian Omicron sebelumnya," tambah Syahril.

Tag : #kemenkes    #omicron xbb    #kesehatan    #menkes    #budi gunadi sadikin    #covid 19    #corona    #singapura   

Baca Juga