Teks deskripsi adalah kumpulan teks yang menggambarkan suatu objek (Foto: Pexels)

Teks Deskripsi Adalah: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, Tujuan, dan Contohnya

Andre | Pendidikan | 26-05-2022

PARBOABOA - Dalam sebuah karya tulis, terdapat karakteristik teks yang disebut dengan dekskripsi. Teks deskripsi adalah satuan bahasa yang menggambarkan suatu objek secara jelas dan terperinci.

Dalam sebuah tulisan, terdapat berbagai jenis teks deskripsi yang bisa ditemukan. Namun tujuannya tetap sama, yaitu memaparkan hal-hal yang melekat pada suatu objek.

Teks ini berfokus pada satu objektif, contohnya seperti benda-benda sekitar, hewan, tempat, hingga orang yang dituliskan berdasarkan sudut pandang sang penulis.

Oleh karena itu, langkah awal sebelum menulis sebuah teks deskripsi, penulis perlu mengindentifikasi suatu objek. Proses identifikasi tersebut dapat dilakukan dengan cara dilihat, diraba, dan dirasakan.

Adapun tujuan teks deskripsi adalah mengupayakan cara agar pembaca dapat membayangkan ataupun merasakan objek yang sedang dijelaskan secara detail.

Pengertian Teks Deskripsi

Apa itu teks deskripsi? Secara umum, teks deskripsi adalah suatu karangan yang menggambarkan suatu objek secara mendetail sesuai dengan realita yang ada.

Seorang penulis harus dapat menggambarkan objek tersebut secara konkret, sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, membaca, mendengar, ataupun merasakan apa yang dirasakan sang penulis.

Jika pembaca dapat mengimajinasikan teks tersebut, itu artinya sang penulis telah berhasil membuat teks deskripsi dengan baik.

Tak jarang, beberapa penulis gagal membuat teks deskripsi karena penggunaan bahasa baku yang sulit untuk dimengerti pembaca. Pada umumnya, pembaca akan lebih mudah mengerti jika teks yang dibaca adalah bahasa yang sering digunakan dalam berdialog sehari-hari.

Struktur Teks Deskripsi

Saat menulis, struktur merupakan hal yang penting untuk diketahui agar tulisan tidak lari kemana-mana. Nah, teks deskripsi juga memilikinya.

Adapun struktur teks deskripsi terbagi atas tiga macam, yakni identifikasi, dekskripsi, dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Identifikasi

Sebuah struktur teks deskripsi diawali dengan identifikasi yang berisi pengenalan akan suatu objek. Contohnya seperti nama seseorang, nama tempat, sejarah, hingga gambaran umum lainnya yang menggambarkan objek tersebut.

2. Deskripsi

Setelah proses identifikasi selesai, langkah selanjutnya adalah mendeskripsikannya. Pada tahap ini, penulis menggambarkan apa yang telah ia lihat, dengar, dan rasakan lewat sebuah teks secara terperinci dan mendetail.

Penulis juga dapat menyampaikan gambarannya terhadap suatu objek berdasarkan pengalaman dan sudut pandangnya.

3. Kesimpulan

Setelah proses identifikasi dan deskripsi selesai, langkah terakhir adalah membuat kesimpulan yang berisi kesan penulis terhadap objek yang digambarkan.

Hanya saja, bagian ini tidak wajib untuk dimasukkan ke dalam teks deskripsi, boleh dituliskan atau tidak.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) dan sumber lainnya, ciri-ciri teks deskripsi meliputi:

  • Menggambarkan atau melukiskan suatu objek, tempat, suasana, dan lainnya
  • Penggambaran dilakukan dengan mendetail dan sejelas-jelasnya
  • Melibatkan panca indra
  • Membuat pembaca dapat membayangkan atau merasakannya
  • Mengandung kata keterangan yang berguna untuk memperjelas di mana suatu objek berada
  • Berisi ungkapan-ungkap yang bisa membuat pembaca berimajinasi
  • Biasanya mengandung berbagai jenis kiasan atau metafora untuk memperkuat kesan pada objek yang bicarakan
  • Terdapat pandangan sang penulis
  • Memaparkan ciri-ciri fisik dan sifat tertentu dari suatu objek secara rinci

Jenis Teks Deskripsi

Berdasarkan objek yang dibahas beserta tujuannya, teks deskripsi dibagi ke dalam lima kategori. Adapun jenis-jenis teks deskripsi meliputi:

Subjektif

Teks deskripsi subjektif adalah gambarakan akan suatu objek berdasarkan pengalaman dan kesan yang dimiliki penulis. Bisa dikatakan, ini merupakan kumpulan teks yang berisi sudut pandang penulis.

Objektif

Berbanding terbaik dengan subjektif, teks deskripsi objektif adalah teks yang menggambarkan suatu objek secara nyata (sesuai dengan keadaan) tanpa dicampuri opini sang penulis.

Imajinatif

Teks deskripsi imajinatif berisi tentang gambaran suatu tempat berlangsungnya kejadian yang diambil dari berbagai sisi, sehingga tempat tersebut tergambar jelas dalam pikiran pembaca.

Spasial

Jenis teks deskripsi ini merupakan penjelasan atau penggambaran yang hanya memfokuskan tempat atau ruangnya saja.

Eksplanatori

Tujuan dari teks deskripsi ini adalah menyampaikan informasi yang sudah banyak diketahui oleh pembaca, sehingga pembaca sudah familiar dengan isi teks tersebut.

Membuat teks deskripsi

Adapun langkah-langkah membuat teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, penulis harus memilih topik yang akan dibahas sebagai pondasi penggambaran teks
  • Mengumpulkan data-data dengan mengidentifikasi objek secara langsung
  • Membuat kerangka karangan
  • Menguraikan kerangka karangan menjadi teks deskripsi sesuai dengan topik
  • Langkah terakhir adalah menentukan judul, harus singkat dan menarik untuk dibaca

Contoh Teks Deskripsi

Diambil dari salah satu karya penulis Parboaboa di blog pribadinya, berikut adalah contoh teks deskripsi tentang alam.

Judul: Air Terjun Efrata

Air terjun Efrata menjadi salah satu destinasi utama Traveller yang sangat mendunia, bahkan sempat viral beberapa waktu yang lalu. Meskipun demikian, tetap saja air terjun ini tidak begitu banyak yang mengunjungi karena terkendala titik lokasi.

Air terjun ini bersemayam di pulau Samosir dan sangat jarang diketahui oleh orang-orang yang berasal dari luar provinsi Sumatera Utara.

Meskipun air terjun Efrata tidak sepopuler air terjun Sipiso-piso, namun setidaknya menang dari sisi keindahan, menurut saya pribadi.

Udara yang sejuk, suasana alam yang masih terjaga, serta jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, membuat air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Kilauan sinar matahari menjadikan pemandangan di sekitar semakin eksotis. Hijaunya dedaunan menyala terang, warna air yang berwarna coklat (akibat adanya galga) dan kontras warna bebatuan bikin self healing kamu semakin cepat tercapai.

Terlebih di malam hari, sensasi berada di wilayah ini akan membuatmu terasa seperti di dunia dongeng dengan kerlap-kerlip kunang-kunang yang menghiasi lokasi air terjun.

Tak hanya itu, saat dalam perjalanan masuk menuju air terjun (dari gerbang masuk) kamu akan disuguhi dengan sejuknya udara disekitar dan indahnya ranting-ranting pepohonan yang tertata rapi.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter, sehingga tumpahan airnya lumayan melimpah. Jadi, kalian harus tetap berhati-hati ya!

Demikian informasi lengkap mengenai teks deskripsi, mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, jenis, hingga contohnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan, bahwa teks deskripsi adalah kumpulan kalimat yang menggambarkan suatu objek secara detail dan tentu menarik digunakan dalam dunia penulisan.

Untuk mendapatkan hasil tulisan yang maksimal, kamu memerlukan lebih banyak data dan penggunaan diksi yang menarik agar pembaca juga dapat membayangkan dan seakan-akan merasakan tentang hal yang sedang dijelaskan.

Tag : #teks deskripsi    #struktur teks    #pendidikan    #teks deskripsi adalah    #pengertian    #tulisan   

Baca Juga