Teks Negosiasi adalah: Pengertian, Jenis, Struktur, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Ester | Pendidikan | 16-01-2023

Pengertian dan Contoh Teks Negosiasi (Foto: Parboaboa/Ester)

PARBOABOA – Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, negosiasi adalah proses tawar menawar yang dilakukan dengan cara berunding untuk mencari kesepakatan antara dua belah pihak, baik berbentuk kelompok atau organisasi.

Dari pengertian tersebut, tentu kamu bisa menangkap pengertian teks negosiasi. Teks negosiasi adalah jenis teks yang memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama antara pihak-pihak tertentu yang mengalami perbedaan kepentingan.

Tujuan dari teks negosiasi adalah mengatasi dan menyelesaikan suatu perbedaan untuk memperoleh solusi yang aman untuk kedua belah pihak. Biasanya, bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negoosiasi adalah kalimat Deklaratif.

Kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu dalam teks negosiasi inilah yang kerap dipakai untuk mengajukan negosiasi.

Jenis Teks Negosiasi

Setelah mengetahui bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesatu dalam teks negosiasi adalah kalimat deklaratif, serta pengertian dari teks negosiasi, selanjutnya kami akan memberikan jenis teks negosiasi yang perlu kamu ketahui.

Jenis Teks Negosiasi Berdasarkan Situasi

1. Negosiasi Formal

Teks negosiasi formal adalah teks negosiasi yang ditujukan untuk kepentingan formal. Biasanya, konteksnya ini dilakukan secara langsung dalam sebuah forum, wawancara, dokumen, atau lainnya. Hasil dari negosiasi formal ini sendiri tetap mengingat dan biasanya dilakukan atas nama suatu lembaga.

2. Negoasiasi Informal

Jenis teks negosiasi selanjutnya adalah teks negosiasi informal. Jenis teks ini lebih sering digunakan di kehidupan sehari-hari oleh masyarakat umum, serta biasanya dilakukan ketika adanya pertemuan, interaksi yang dekat, atau kegiatan tertentu dengan suasana santai.

Ciri-ciri dari teks negosiasi informasi sendiri, tidak perlu dibaut ataupun dipersiapkan sterlebih dahulu. Kamu dapat melakukan secara langsung.

Jenis Teks Negosiasi Berdasarkan Bentuknya

Tidak hanya berdasarkan situasi yang terjadi, jenis teks negosiasi juga dibedakan berdasarkan bentuknya. Adapun jenis teks negosiasi berdasarkan bentuknya adalah:

1. Bentuk Lisan

Seperti namanya, teks negosiasi ini berbentuk dialog atau drama yang dikemas dalam pola penyajian lisan. Biasanya, bentuk teks negosiasi ini terjadi saat berada di percakapan sehari-hari atau ketika terjadi interaksi penjual dan pembeli di pasar.

2. Bentuk Tulisan

Bentuk teks negosiasi yang satu ini berbentuk tulisan seperti namanya. Biasanya penerapan bentuk tulisan dari teks ini berupa penawaran kerja sama, surat penawaran barang, ataupun surat permintaan barang. Bentuk ini juga dapat kamu gunakan ketika ingin mengajukan proposal.

3. Bentuk Gabungan

Bentuk gabungan merupakan teks negosiasi berupa cerpen yang di dalamnya terdapat interaksi tawar menawar antara setiap tokoh di dalamnya.

Struktur Teks Negosiasi

Adapun susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah:

  • Oritentasi yang berisi pembukaan atau awalan dari suatu percakapan di dalam sebuah negosiasi. Biasanya bagian ini berisi salam atau sapa.
  • Pengajuan yang merupakan bagian menyatakan permintaan atau pengemukakaan permasalahan yang ingin diselesaikan dari suatu masalah.
  • Penawaran yang berisi puncak dari negosiasi karena adanya proses tawar menawar antara satu pihak dengan pihak lainnya, guna mendapatkan kesepakatan yang saling menguntungkan.
  • Persetujuan adalah bagian yang berisi kesepakatan atua hasil dari penawaran kedua belah pihak.

Contoh Teks Negosiasi

Untuk semakin mengetahui bagaimana sebenarnya pengertian teks negosiasi, di bawah ini kami akan memberikan contoh teks negosiasi untuk kamu ketahui. Contoh teks negosiasi di bawah ini juga memiliki beberapa jenis dan kondisi yna gbisa menambah pengetahuan kamu terhadap jenis teks yang satu ini.

Contoh Teks Negosiasi tema Perdagangan

Pembeli: “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”

Penjual: “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”

Pembeli: “Boleh kurang ‘kan, Bang?”

Penjual: “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lo, Bu. Ini bukan karbitan. Matang pohon.”

Pembeli: “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang ‘kan? Kan lagi musim, Bang. Rp20.000 saja, ya?”

Penjual: “Belum boleh, Bu. Rp28.000 ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”

Pembeli: “Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, ya Bang?”

Penjual: “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”

Pembeli: “Iya, Bang, yang penting saya dapat mangga yang bagus.”

Penjual: “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”

Pembeli: “Baiklah, saya ambil 3 kilo, ya, Bang.”

Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya.

Contoh Teks Negosiasi Pendidikan

Ayah: “Nak, ke sini. Ayah mau bicara.”

Anak: “Ada apa, Yah?”

Ayah: “Apa rencanamu ke depan setelah lulus SMP, Nak?”

Anak: “Oh, aku ingin masuk sekolah kejuruan, Yah.”

Ayah: “Kejuruan? Gak salah Nak? Kenapa gak ke SMA saja? Nanti kamu bisa kuliah dengan pilihan yang terbaik.”

Anak: “Aku ingin segera mengembangkan bakat mekanikku, Yah. Lagian setelah tamat SMK kan bisa kuliah juga.”

Ayah: “Iya, tapi nanti kamu akan kesulitan kalau mau kuliah karena jurusannya terbatas dan kemampuan akademiknya juga kurang siap. Jadi, Ayah sarankan ke SMA saja, ya!”

Anak: “Waduh, Ayah gimana, sih. Emangnya Ayah yang mau sekolah? Lagian kalo nanti gak kuliah, aku langsung bisa kerja di perusahaan otomotif.”

Ayah: “Masa, zaman sekarang tidak kuliah? Apa kata orang?”

Anak: “Ayah tenang saja, semuanya sudah aku pikirkan. Ayah doakan saja biar aku mudah meraih cita-cita.”

Ayah: “Ya, sudahlah kalau itu mau kamu, tapi nanti malam kamu pikirkan lagi, ya.”

Anak: “Iya, yah.”

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Buah

Penjual: “Silakan buah yang manis dan murah meriah.”

Pembeli: “Berapaan harganya, bang.”

Penjual: “Murah, bu, satu kilonya Cuma 15 ribu aja.”

Pembeli: “2 kilo 25 ribu aja, boleh?”

Penjual: “Belum dapat, bu. Kalau segitu mah, saya belum dapat untung.”

Pembeli: “Wah kalau 15 ribu satu kilo itu kemahalan, bang.”

Penjual: “Bisa kurang kok, bu, tapi jangan banyak-banyak, nanti saya rugi.”

Pembeli: “Gimana kalau 13 ribu satu kilo, boleh nggak bang?”

Penjual: “Naikin lagi, bu. Kalau segitu untung saya mepet, bu.”

Pembeli: “Tawaran terakhir nih, bang, 14 ribu satu kilo, bisa?”

Penjual: “Bolehlah, bu, hitung-hitung buat penglaris hari ini.”

Pembeli: “Jadi, boleh 14 ribu satu kilo?”

Penjual: “Boleh, buat ibu saya kasih murah ajalah.”

Pembeli: Terima kasih, bang. Ini uangnya.”

Penjual: Terima kasih juga, bu. Besok-besok mampir lagi ya, bu.”

Contoh Teks Negosiasi Di Lingkungan Keluarga

Anak: “Bapak sama Ibu lagi sibuk nggak?”

Ibu: “Ibu juga lagi santai aja.”

Bapak: “Lagi santai aja juga nih, memangnya kenapa?”

Anak: “Gini, Pak besok kan aku les, kalau habis pulang les boleh langsung main?”

Bapak: “Memangnya kamu nggak ada PR dari sekolah?”

Anak: “Ada, Pak, tapi sudah dikerjakan.”

Bapak: “Mau pergi kemana? Jauh ya?”

Anak: “Dekat kok. Cuma main ke rumah teman aja, Pak.”

Ibu: “Kamu main sama siapa aja?”

Anak: “Putri, Dinda, sama Vina, bu.”

Ibu: “Gimana, Pak, Dea boleh main sama temannya nggak?”

Anak: “Gimana Pak, Dea boleh main sama temen dea ‘kan?”

Bapak: “Iya, kamu boleh main sama teman kamu, tapi ingat pulangnya jangan malam-malam.”

Anak: “Oke, Pak. Nanti Dea pulangnya nggak sampai malam.”

Bapak: “Ingat ya, boleh main tapi jangan malam-malam.”

Ibu: “Kalau main jangan sampai lupa makan.”

Anak: “Oke, Pak. Oke bu.”

Bapak: “Dea, kamu nggak tidur?”

Anak: “Iya, Pak, ini aku mau ke kamar langsung tidur. Selamat mlam.”

Bapak: “Selamat malam.”

Ibu: “Selamat tidur.”

Contoh Teks Negosiasi Penawaran Produk

Penjual: "Selamat siang, pak. Saya ingin menawarkan produk kami kepada Anda."

Calon pembeli: "Siang. Produk apa ya, mbak?"

Penjual: "Produk kami adalah cairan pembersih lantai yang efisien menghilangkan jamur dan kerak membandel. Cairan ini bisa dipakai untuk membersihkan lantai kamar mandi, dapur, maupun area berbahan keramik yang banyak keraknya, pak. Ada harga spesial juga untuk pelanggan baru sebesar 75 ribu, gratis sikat pembersihnya juga."

Calon pembeli: "Satu botol ini, isi berapa mili, mbak? Apa ada diskon tambahan juga jika saya membeli lebih dari satu?"

Penjual: "Per botolnya isi 850 ml, pak. Kami bisa memberikan diskon tambahan sebesar 10% jika Bapak membeli lebih dari 3 botol."

Calon pembeli: "Baik, saya coba beli 1 botol dulu ya, mbak. Nanti kalau terbukti ampuh, saya akan beli lagi."

Penjual: "Baik, terima kasih, pak."

Calon Pembeli: "Sama-sama, mbak."

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang

Shasa: “Hari ini kita jadi kerja kelompok di mana, gais?”

Hani: “Di rumahku saja bagaimana? Kebetulan rumahku nggak jauh dari sekolah. Jadi, pulang sekolah nanti bisa langsung mengerjakan tugas.”

Nanda: “Boleh, Han. Tapi, aku nggak bisa lama-lama. Karena jam 5 aku ada les Bahasa Inggris.”

Shasa: “Ya sudah, kalau begitu, kita bagi-bagi tugas saja. Jadi, pengerjaannya jauh lebih cepat.”

Hani: “Ide yang bagus, tuh!”

Shasa: “Karena tema makalahnya sudah dibagikan sama bu guru, kita tinggal susun bab pendahuluan, isi dan penutupnya saja.”

Nanda: “Aku bagian pendahuluan deh. Jadi, kalau waktunya mepet, aku izin pulang duluan ya, gais. Nggak masalah, kan?”

Hani: “Boleh. Shasa mau bagian apa? Isi atau penutup?”

Shasa: “Hmm... Aku bagian isi nggak papa, Han. Nanti kamu bagian penutup sekaligus edit dan print makalahnya ya?”

Hani: “Oke, nggak masalah kalau itu.”

Nanda: "Oke, sampai bertemu pulang sekolah nanti, ya!”

Hani: “Siap!”

Contoh Teks Negosiasi Berbentuk Pengajuan Kerja Sama

Selamat siang, Bapak/Ibu.

Kami dari PT. Suka Maju, bermaksud untuk menawarakan kerja sama dengan Bapak/Ibu untuk menjadi distributor produk-produk kami yang berupa Produk Kesehatan (Obat & Vitamin).

Apabila Bapak/Ibu bersedia untuk menjadi distributor resmi produk perusahaan kami, maka kami akan memberikan kompensasi yang sebanding kepada Bapak/Ibu. Untuk bentuk mekanisme kerja samanya, kami dapat jelaskan lebih lanjut apabila Bapak/Ibu tertarik dengan tawaran yang kami sampaikan.

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih

Contoh Teks Negosiasi Liburan Keluarga

Ayah: "Bagaimana bu rencana liburan kita ke Puncak? Apakah anak-anak setuju?"

Ibu: "Ibu sudah bicara ke anak-anak, yah. Cuma kakak usul liburannya diganti ke pantai saja. Soalnya kita sudah sering liburan ke puncak. Tapi, adik minta jalan-jalan ke taman bermain."

Ayah: "Aduh, bagaimana ya? Dua-duanya minta jalan-jalan ke tempat yang berbeda. Ayah jadi bingung."

Ibu: "Hmm... Begini saja yah, bagaimana kalau kita cari lokasi taman bermain yang dekat pantai."

Ayah: "Betul juga, bu. Kalau kita liburan ke Dufan bagaimana? Lokasinya lumayan dekat dengan pantai Ancol."

Ibu: "Boleh, yah. Coba nanti ibu sampaikan ke anak-anak ya, mereka setuju atau tidak."

Ayah: "Oke, bu."

Itulah pengertian teks negosiasi dan contohnya yang wajib kamu pahami. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Tag : #teks negosiasi    #teks    #pendidikan    #tawar menawar    #contoh    #jenis    #struktur    #teks negosiasi adalah   

Baca Juga