Tempat wisata di Magelang, foto: Traveloka

10 Tempat Wisata di Magelang yang Sedang Hits dan Wajib Kamu Kunjungi

Wanovy | Travel | 18-04-2022

PARBOABOA, Magelang - Jika bicara tentang tempat wisata di Magelang, yang pertama kamu pikirkan pasti Candi Borobudur. Padahal jika kamu menyisihkan banyak waktu untuk menjelajah Magelang, akan ada banyak tempat wisata di sana yang juga tak kalah menarik.

Beberapa orang juga kerap menyebut Magelang adalah Nepal van Java dan masih sedikit tempat wisata di Magelang yang diketahui para wisatawan.

Padahal kota ini memiliki banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, setiap bulannya mungkin deretan tempat wisata di Magelang terus bertambah.

Jika kamu ada kesempatan untuk berlibur, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Magelang berikut ini!

1. Punthuk Kendil

Salah satu tempat wisata di Magelang terbaru yang sudah cukup terkenal adalah Punthuk Kendil. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise dari Magelang.

Fasilitas yang tersedia di Punthuk Kendil juga terjamin sudah cukup lengkap, mulai dari warung makanan sampai colokan listrik. Jadinya, wisatawan tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat ingin berfoto.

2. Gunung Andong

Tempat wisata di Magelang yang instagramable, romantis, dalam balutan pesona alam yang indah, sekaligus tempat wisata yang hits di kalangan muda-mudi, yaitu Gunung Andong.

Aktivitas wisata yang hits di Gunung Andong adalah camping. Lokasi campingnya berada di puncak Gunung Andong.

Meskipun tidak terlalu lebar kondisi puncaknya, namun mampu menyajikan panorama alam yang sangat indah.

3. Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun ini berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu dengan ketinggian 40 meter. Berasal dari empat mata air, sehingga tak pernah kekeringan, meski musim kemarau.

Terdapat cerita mistis yang tersimpan dari wisata satu ini, yakni adanya suara alunan gamelan Jawa tiap Jumat Kliwon dan Kamis Wage.

Gunung Telomoyo merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang namanya cukup populer.

Dari puncak Gunung Telomoyo, wisatawan dapat menikmati keindahan empat gunung sekaligus yakni Gunung Merbabu, Gunung ANdong, Gunung SUmbing, dan Gunung Ungaran.

Sepanjang perjalanan menuju puncak Telomoyo yang bisa ditempuh dengan sepeda motor ini, akan disuguhkan hamparan sawah hijau serta perkebunan milik warga setempat.

3. Nepal Van Java

Nepal Van Java merupakan desa wisata yang terletak di Dusun Butuh, lereng Gunung Sumbing, Kaliangkrik, Magelang.

Penampakan foto dengan kontur tanah berundak-undak dari atas ketinggian desa ini ramai diperbincangkan di media sosial, sehingga banyak diburu wisatawan yang penasaran.

Dikarenakan lokasinya berada di kaki gunung, maka suasana Dusun Butuh masih sangat dingin dan memiliki udara sejuk.

4. Mangli Sky View

Sempat ditutup sementara karena mengikuti aturan PPKM, kini tempat wisata Mangli Sky View di Kaliangkrik, Magelang, sudah kembali dibuka.

Keindahan alam dari Mangli Sky View dinilai tak perlu diragukan lagi. Dari atas ketinggian pengunjung bisa melihat langsung sunset, atau sunrise, dengan latar pegunungan.

Selain itu ada juga area berkemah jika ingin menginap yang dilengkapi kafe untuk bersantai sambil menikmati aneka kudapan.

Peraturan berkunjung ke Mangli Sky View selama pandemi memang sedikit berbeda dan pastikan kamu tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tempat wisata di Magelang yang lagi hits selanjutnya ada Bukit Rhema dengan bangunan ikonis menyerupai ayam dari Kecamatan Borobudur.

5. Kawasan Bukit Rhema

Kawasan Bukit Rhema pernah dijadikan tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC) di mana salah satu adegannya diambil di lokasi ini.

Konon menurut sejarah pada 1992, bangunan di Bukit Rhema merupakan rumah doa bagi seluruh agama baik itu Islam, Kristen, Hindu, sampai Buddha.

Untuk saat ini, Bukit Rhema bukan sebatas rumah ibadah. Melainkan menjadi tempat wisata di Magelang yang mempunyai spot-spot menarik.

6. Wisata Terasering Sitegong

Wisata Terasering Sitegong, juga dikenal dengan Wisata Terasering View Sumbing atau Sukomakmur View Gunung Sumbing.

Ini adalah tempat wisata di Magelang baru yang berada di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran.

Wisatawan dapat menikmati indahnya hamparan persawahan terasering dengan latar belakang Gunung Sumbing.

Terdapat pula beberapa spot foto seperti gardu pandang dua tingkat, spot untuk melihat pemandangan yang menjulur ke arah persawahan, serta tempat duduk beratap tumpukan kayu.

Jika ingin yang lebih alami, setiap sudut jalur-jalur kecil antar persawahan di Wisata Terasering Dusun Nampan dapat dimanfaatkan sebagai spot foto.

7. Wisata Gethek Bambu

Wisata Gethek Bambu merupakan tempat wisata di Dusun Bujungan, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur.

Jarak dari Candi Borobudur hanya sekitar 2 kilometer saja. Wisatawan yang berkunjung akan diajak naik gethek melintasi Sungai Progo.

Jika datang pada sore hari, pemandangan matahari terbenam akan menyambutmu.

8. Awang Awang Sky View

Tempat wisata di Magelang berikutnya berlokasi di Kecamatan Ngablak, tepatnya di Gunung Telomoyo.

Bahkan, tempat wisata ini disebut sebagai titik terbaik untuk melihat pemandangan di kawasan ini.

Mengapa begitu? Sebab, wisatawan dapat melihat sekaligus Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

Selain itu, ada juga hamparan hutan pinus yang terlihat dari dek kaca, sebuah spot foto yang juga kerap dimanfaatkan sebagai area untuk melihat pemandangan.

9. Linggarjati Joglo

Jika ingin berwisata sambil menginap selama beberapa hari, kamu bisa berkunjung ke Linggarjati Joglo di Alas Krincing Mangli, Kecamatan Kaliangkrik.

Bertemakan glamping atau glamour camping, penginapan ini menyerupai tenda dan kombinasi beberapa gazebo berbentuk seperti rumah joglo dari kayu jati.

Wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Sumbing di tengah suasana khas pedesaan yang tenang dan sejuk.

10. Bukit Grenden

Bukit Grenden inilah titik awal dari pendakian yang jaraknya paling dekat dengan puncak Merbabu.

Hal ini tentunya akan menjadikanmu sebuah jaminan akan terpikat pesona alam dan kesejukan hawanya. Kerimbunan hutan pinus yang berselimutkan kabut inilah akan menyambutmu disini.

Selain itu, hutan pinus juga memiliki banyak pilhan spot untuk berfoto dengan hasil yang unik dan menarik. Seperti rumah kurcaci, gardu pandang, serta gazebo dengan pernak-perniknya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata magelang    #magelang    #tempat wisata    #candi borobudur    #bukit rhema   

Baca Juga