Mensos Tri Rismaharini Pingsan Saat Tinjau Lokasi Longsor Sibolangit.

Mensos Tri Rismaharini Pingsan Saat Tinjau Lokasi Longsor Sibolangit

Maraden | Daerah | 20-11-2021

PARBOABOA – Tri Rismaharini sempat pingsan saat meninjau langsung kondisi bencana tanah longsor di kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat Siang (19/11/2021).

Risma terjatuh saat akan masuk kedalam mobil usai mengunjungi desa Rumah Kinangkung, Sibolangit. Diduga kondisi tubuh Risma kelelahan setelah berjalan menyusuri bantaran Sungai Laupapai untuk memastikan penanganan dilakukan secara tepat pasca bencana.

Seorang warga, Caroli, mengatakan peristiwa itu terjadi saat Risma hendak pergi meninjau desa selanjutnya yang terkena dampak bencana longsor akibat erupsi sinabung, yanki Desa Siosar. Namun tubuh menteri sosial itu sempat ditopang oleh peserta rombongan yang mendampinginya sehingga Risma tak sempat jatuh ke tanah.

“Tadi sesudah membagi bantuan kepada korban bencana longsor pas mau pulang tiba tiba terjatuh ibu itu, gara-gara kecapean mungkin,” ujarnya, Jumat (19/11/2021).

Namun peristiwa itu tak membuat kegitan Risma terkendala. Dia tetap menuju desa Siosar dan melakukan aktivitas pembagian sembako kembali.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang didampingi unsur pemerintah daerah setempat sembari melakukan peninjauan lokasi, juga menyalurkan bantuan logistik berupa paket sembako dan perlengkapan tidur kepada korban dampak bencana tersebut. Selain itu Risma juga memberikan santunan kepada korban luka dan juga ahli waris dari korban meninggal dampak dari bencana tersebut.

Adapun bantuan yang diserahkan Risma berupa 50 lembar selimut, 32 paket pakaian anak, 50 paket perlengkapan keluarga, tenda gulung 50 lembar, 50 lembar kasur, 100 lembar matras, makanan anak 168 paket, satu unit tenda keluarga serbaguna, dan juga paket sembako sebanyak 60 unit.

Dalam kesempatan itu Risma juga menyerahkan santunan kepada ahli waris dari satu korban meninggal akibat tertimpa material longsor atas nama Rasmiken Ginting sebesar Rp15 juta. Sementara kepada korban luka Risma memberikan santutan masing-masing Rp5 juta.

Selain menyalurkan bantuan, Risma yang didampingi unsur pemerintah daerah setempat menyempatkan waktu berdialog dengan korban di pengungsian.

Salah satu pengungsi meminta pemerintah memperkuat lereng tebing untuk mengantisipasi longsor susulan. Risma mengatakan sedang mempersiapkan skema penanganan bencana bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tag : #tri rismaharini    #menteri sosial    #longsor sibolangit    #deli serdang   

Baca Juga