University of Oxford termasuk kedalam daftar universitas tertua yang ada di dunia (blog.schoters.com)

7 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berdiri Sejak Abad ke-8

Wulan | Internasional | 09-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Tahukah kamu universitas mana yang menyandang gelar universitas tertua di dunia? Mungkin sebagian besar dari kamu akan menjawab Univesitas Al-Azhar Atau University of Oxford.

Dua universitas ini memang termasuk dalam daftar universitas tertua di dunia. Namun jawaban yang lebih tepatnya bukan mereka, karena masih ada universitas yang jauh lebih lama berdiri dibandingkan keduanya.  

Universitas sendiri merupakan institusi pendidikan yang ditempuh setelah lulus SMA. Banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk masuk ke universitas terbaik.

Tercatat, banyak universitas yang sudah berdiri bahkan sebelum Indonesia merdeka. Penasaran universitas mana saja yang tertua di dunia? Berikut daftar universitas tertua di dunia yang telah dirangkum Parboaboa berikut ini!

1. University of Al-Qarawiyyin

Universitas of Al-Qarawiyyin atau Universitas Al Karaouine yang berada di Maroko ini dinobatkan sebagai universitas tertua di dunia. Perguruan tinggi ini berdiri sejak 859 Masehi di Kota Fez.

Awalnya, universitas ini berdiri hanya diperuntukkan untuk ilmu alam saja. Namun, pada tahun 1957 Al-Qarawiyyin resmi menjadi dan menambah jurusan lain, seperti matematika dan bahasa asing.

Selain itu, universitas ini juga diberikan penghargaan oleh Guiness Book of World Records sebagai universitas tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

2. Al-Azhar University

Meskipun tidak memperoleh status universitas sampai tahun 1961, Universitas Al-Azhar tetap menjadi salah satu kampus tertua di dunia yang berdiri sejak awal 970 M di Kairo, Mesir.

Awalnya, Universitas ini dikenal sebagai pusat pembelajaran Islam dengan mengembangkan kurikulum modern mata pelajaran sekuler. Namun kini selain studi tradisional, sekolah ini juga menawarkan program dalam bisnis, ekonomi, sains, kedokteran, teknik, dan pertanian.

3. University of Bologna

Selanjutnya, universitas tertua di dunia yang berada di posisi ketiga adalah Universitas og Bologna. Berdiri sejak tahun 1088 di Bologna, Italia, universitas ini menjadi “surga” bagi pendidikan tinggi kala itu.

University of Bologna sendiri menjadi saksi dan bertahan hampir di setiap era dunia modern dari Abad Pertengahan, Renaisans, hingga zaman kontemporer.

Di antara jebolan-jebolan University of Bologna yang terkenal antara lain Copernicus, Cassini, dan Petrarch.

4. University of Oxford

Berdiri di antara tahun 1096-1167, University of Oxford termasuk dalam salah satu kampus tertua di dunia. Kampus terbaik yang terletak di Inggris juga terkenal dengan lulusan terbaiknya.

Sebut saja alumni university of Oxford yang berhasil menjadi perdana menteri Inggris, Uskup Agung Canterbury, santo, peraih Nobel, pemenang Hadiah Nobel dan satu gelar Sir. Salah satu alumni yang terkenal adalah Stephen Hawking.

5. University of Salamanca

Terletak tepat di sebelah barat Madrid, Spanyol, University of Salamanca termasuk kedalam daftar universitas tertua kelima di dunia. Bahkan universitas ini juga merupakan universitas tertua di spanyol.

Dibangun oleh Raja Alfonso IX, University of Salamanca secara teknis didirikan sejak 1134, namun baru diberi Piagam Kerajaan pada 1218.

Sejak saat itulah, institusi tersebut telah tumbuh menjadi pusat pendidikan yang berkembang sampai sekarang.

6. University of Paris

Universitas of Paris atau lebih dikenal sebagai Sorbonne, merupakan ikon pendidikan tinggi sejak abd ke-12. Konon, University of Paris dijuluki Sorbonne karena didirikan oleh Robert de Sorbon. Universitas ini terletak di Paris, Perancis.

Menurut Oldest.org, universitas ini telah aktif sejak 1160 dan menjadi universitas tertua nomor enam di dunia.

Universitas of Paris memiliki asal usul yang sederhana. Awalnya dilembagakan sebagai pusat pendidikan untuk seratus anak sekolah. Namun berkat reputasinya yang luar biasa di seluruh Eropa, University of Paris bisa berkembang pesat hingga Revolusi Perancis.

Selain itu, University of Paris juga selamat dari Perang Seratus Tahun, Revolusi, dan banyak masa kekacauan selama 860 tahun.

7. University of Cambridge

Jika berbicara tentang salah satu universitas paling bergengsi dan tertua di dunia, University of Cambridge adalah salah satunya. Dibangun sejaka 1209, universitas ini awalnya didirikan sebagai alternatif dari University of Oxford, terutama karena adanya konflik politik.

Selain itu, menurut QS World University Rankings 2022, University of Cambridge menempati peringkat ketiga sebagai universitas terbaik di dunia.

University of Cambridge tidak memiliki satu kampus utama. Sebaliknya, universitas ini memiliki beberapa college yang tersebar di seluruh kota.

Tag : #tertua    #universitas    #internasional    #universitas tertua di dunia    #universitas of al-qarawiyyin    #unive   

Baca Juga