ilustrasi

Gak Bikin Buncit, Menu Ini Bisa Naikkan Berat Badan Kamu

Sondang | Kesehatan | 02-10-2021

PARBOABOA, Siantar – Setiap orang baik pria maupun wanita pasti menginginkan tubuh yang ideal. Berat badan yang ideal dapat menambah kepercayaan diri seseorang untuk mencari pasangan ataupun dalam bergaul.

Untuk mencapai hal itu, diperlukan usaha dan niat yang besar agar terwujud sesuai yang diinginkan. Bagi yang memiliki berat badan yang berlebihan harus diet dan bagi yang memiliki berat badan di bawah rata-rata harus menambah berat badan.

Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk menambah berat badan. Namun, cara menaikkan berat badan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang dan penyebab mengapa berat badannya bisa rendah.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu status gizi dengan menghitung indeks massa tubuh.

Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa berat badan Anda memang kurang, cobalah perbaiki pola makan atau berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui cara yang tepat untuk menambah berat badan.

Selain itu, menu harian ini juga dapat menambah berat badan kamu dan tidak akan membuat perutmu buncit. Yuk simak kelanjutannya!

1. Telur Rebus

Telur merupakan makanan yang mengandung protein tinggi dan lemak sehat yang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, tidak heran jika telur menjadi salah satu menu makanan penambah berat badan secara alami.

Akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi telur secara utuh, bukan hanya kuningnya saja atau putihnya saja, dan lebih sehat jika dimasak dengan cara direbus.

Sampai saat ini, belum ada larangan maksimal mengonsumsi telur setiap harinya. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi telur hingga 3 kali dalam sehari.

2. Susu, Yoghurt, atau Keju

Susu maupun produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju juga bagus untuk menambah berat badan.

Susu mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan juga mineral berupa kalsium yang baik untuk menambah berat badan, terutama untuk menambah massa otot. Jika Anda rajin mengonsumsi susu, maka berat badan Anda akan naik secara bertahap.

3. Smoothies atau Jus Buah Segar

Jika Anda kurang menyukai susu atau mempunyai alergi terhadap susu, smoothies atau jus buah segar adalah alternatif lainnya.

Beberapa bahan untuk membuat smoothies, seperti alpukat yang dicampur dengan kacang almond atau pisang yang dicampur dengan peanut butter mempunyai kalori dan lemak baik yang bisa menambah berat badan Anda.

Selain itu, minuman ini juga mengandung nutrisi, seperti vitamin, mineral, hingga zat besi yang baik bagi kesehatan.

4. Daging Merah

Jika Anda ingin menambah berat badan, tentunya jangan lupa untuk mengonsumsi daging karena daging salah satu makanan yang bisa membuat berat badan Anda naik dengan cepat.

Sebaiknya Anda mengonsumsi daging merah atau daging sapi karena mengandung lebih banyak protein yang tinggi dan juga mengandung keratin yang bisa membantu dalam proses pembentukan otot tubuh.

Namun, sayangnya dalam satu hari Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi daging sapi sebanyak 50 sampai 100 gram atau 1,8 sampai 3,5 ons untuk menghindari tubuh Anda yang kelebihan lemak tak baik.

5. Nasi

Makanan penambah berat badan yang paling ideal adalah nasi. Nasi sudah menjadi makanan pokok yang paling sering Anda konsumsi. Dalam satu porsi nasi untuk orang dewasa terkandung 200 kalori yang tentunya bisa menambah berat badan Anda menjadi ideal.

Selain itu, nasi juga mengandung karbohidrat, vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, mangan, magnesium, selenium, hingga fosfor.

Tag : #kesehatan    #cara menaikkan berat badan    #menu harian   

Baca Juga