5 Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami dan Ampuh

Sarah | Kesehatan | 21-10-2022

Ilustrasi ketiak putih (Foto: freepik)

PARBOABOA - Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang cenderung berwarna gelap. Meski tidak terlalu membahayakan kesehatan, namun kondisi ini dapat mengurangi kepercayaan diri, terutama saat mengenakan baju tanpa lengan.

Apalagi, penyebab ketiak menghitam pun sampai saat ini belum diketahui dengan jelas. Maka dari itu, sebagian besar wanita lebih fokus mencari bagaimana cara untuk memutihkannya.

Akan tetapi, untuk meminimalisir risiko berbahaya, cara yang dicari pun lebih banyak cara alami. Seperti menggunakan bahan-bahan masakan yang ada di rumah, dan yang dapat ditemukan dengan mudah.

Nah, jika kamu penasaran dengan cara mencerahkan ketiak secara alami, pada artikel kali ini Parboaboa akan diberikan sejumlah caranya, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Tunggu apalagi? Yuk, ikuti ulasan berikut ini!

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

1. Minyak Zaitun

Cara putihin ketiak yang pertama yaitu menggunakan minyak zaitun. Seperti yang diketahui, minyak memiliki kandungan yang baik untuk mencerahkan kulit, termasuk ketiak.

Maka dari itu, jangan heran apabila pemanfaatan bahan ini sangat banyak, bahkan di berbagai bidang. Namun, untuk mencerahkan ketiak sendiri, minyak zaitun dapat dimanfaatkan bersama dengan gula merah.

Jadi, kedua bahan itu nantinya akan dicampurkan, lalu akan dioleskan secara merata ke seluruh permukaan ketiak yang menghitam. Kemudian, gosok selama dua menit, dan biarkan selama lima menit sampai kandungan bahan tersebut meresap.

Setelah selesai, bersihkan seluruh bagian ketiak menggunakan air hangat. Jika ingin hasil yang didapatkan optimal, kamu bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

2. Timun

Cara memutikan ketiak yang kedua adalah dengan menggunakan timun. Timun tersebut akan dimanfaatkan sebagai masker, dengan cara memotongnya tipis-tipis, lalu ditempelkan ke bagian ketiak yang menghitam.

Setelah itu, diamkan 10 menit dan bilas dengan air bersih. Perlu diketahui, menggunakan timun sebagai masker untuk ketiak, dapat melembapkan dan mencerahkan kembali warna ketiak yang gelap secara perlahan.

3. Campuran Kulit Jeruk

Selain menggunakan dua cara yang sudah dibahas sebelumnya, kamu juga bisa coba menggunakan campuran kulit jeruk. Campuran kulit jeruk maksudnya, kulit jeruk yang sudah kering, bisa kamu tumbuk dan campurkan dengan susu serta air mawar.

Untuk langkah-langkahnya sendiri, pertama kamu harus menumbuk kulit jeruk kering sampai menjadi bubuk. Setelah itu, campurkan bubuk tersebut dengan satu sendok makan susu dan air mawar.

Selanjutnya, aduk ketiga bahan sampai tercampur rata dan memiliki konsistensi kental. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian ketiak, dan gosokkan ke seluruh bagian ketiak secara perlahan selama 15 menit.

Setelah selesai, bilas ketiak hingga bersih menggunakan air mengalir. Nah, agar hasil yang didapatkan optimal, lakukan cara tersebut sebanyak tiga kali dalam seminggu.

4. Lemon

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan buah lemon. Kandungan asam amino, serta sifat antiseptik dan antibakteri yang dimilikinya, sari buah ini mampu mengikis sel kulit mati dengan baik.

Adapun cara yang perlu kamu lakukan sangatlah mudah. Pertama, kamu harus mengiris lemon menjadi beberapa lembar. Kemudian, gosok lembaran lemon tersebut ke permukaan kulit ketiak yang menghitam secara perlahan.

Kemudian, diamkan selama 10 menit, lalu bilas seluruh bagian ketiak dengan air bersih, dan keringkan pakai handuk berbahan lembut. Untuk mendapatkan hasil optimal, kamu dapat melakukan cara ini setiap hari, dan menggunakan pelembap setelahnya untuk mencegah risiko kulit ketiak kering.

5. Kentang

Cara memutihkan kulit ketiak yang menghitam terakhir, yaitu menggunakan kentang. Dalam hal ini, kentang akan dimanfaatkan air perasannya sebagai olesan masker.

Jadi, untuk mendapatkan air perasan tersebut, kamu harus memarut kentang terlebih dahulu, lalu peras hingga mendapatkan airnya. Kemudian, air perasan itu bisa langsung dioleskan ke seluruh bagian ketiak yang menghitam secara merata.

Setelah itu diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bias ketiak hingga bersih menggunakan air dingin.

Itulah beberapa cara memutihkan ketiak secara alami yang perlu kamu ketahui khususnya kaum wanita yang ingin tampil pede. Dari beberapa cara tersebut, apakah kamu tertarik mencoba yang mana nih?

Tag : #cara memutihkan ketiak    #tips n trik    #kesehatan    #ketiak hitam   

Baca Juga