Fakta Menarik Kota Medan

5 Fakta Menarik Kota Medan

rini | Hiburan | 18-09-2021

PARBOABOA, Medan - Medan adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Selain sebagai kota terbesar, Medan juga sangat populer karena keragaman budaya dan keindahan lain yang ditawarkan oleh kota yang identik dengan Suku Batak ini.

Berikut ini fakta-fakta Kota Medan:

1. Pernah Jadi Ibu Kota Negara

Masih ingatkah kamu kalau pada masa penjajahan dulu Indonesia pernah berdiri sebagai negara federasi bernama Republik Indonesia Serikat.

Salah satu negara yang berada di dalamnya adalah Negara Sumatera Timur dengan Medan sebagai ibu kotanya. Namun negara ini tidak bertahan lama, karena akhirnya dibubarkan pada 17 Agustus 1950.

2. Logat dan Bahasanya yang Unik

Kalau urusan dengan bahasa, memang benar jika orang Medan berkarakteristik keras, tegas dan ceplas-ceplos. Sehingga ketika kita melihat orang-orang Medan ngobrol satu sama lain terkesan mereka marah-marah, padahal dari dulu kebiasaan mereka memang seperti itu.

Kosakata yang digunakan juga sangat berbeda dengan bahasa kebanyakan, misalnya saja kata 'Galon' untuk menyebut 'Pom Bensin', 'Pasar' untuk menyebut kata 'Jalan', 'Pajak' untuk menyebut 'Pasar'. Masih ada lagi kata 'Teh' untuk berbagai jenis minuman, 'Sewa' untuk menyebut 'Penumpang', dan 'Kereta' untuk 'Motor', sedangkan 'Motor' untuk 'Mobil'.

3. Medan Kota Durian

Durian Medan juga sangat terkenal dengan rasanya yang lezat dan ukurannya yang besar.

Di Kota Medan ada banyak sekali penjual durian, mulai dari penjual yang memakai sepeda, becak, pick-up, membuka lapak pinggir jalan, truk durian, sampai yang menjual secara online siap antar ke tempat tujuan.

4. Rumah dari Bika Ambon

Meski ada kata "Ambon," kuliner ini berasal dari Medan. Ada sebuah cerita yang mengatakan bahwa nama Ambon berasal dari seorang penjual kue bika pertama di Jalan Ambon. Saking populer, orang-orang menyebutnya bika ambon.

Bika ambon adalah kue basah berongga yang biasanya berwarna kuning. Proses pembuatan kue beraroma khas itu ternyata bisa memakan waktu hingga 12 jam.

5. Medan punya banyak makanan khas

Berbicara kuliner di Medan, kamu akan dipuaskan dengan banyak sekali sajian enak menggugah selera. Ada soto Medan yang rasanya khas, lalu lemang, lontong Medan, mie gomak atau spagetinya orang Batak, serta masih banyak lagi yang lain.

Tag : #hiburan    #kota medan    #fakta menarik    #keberagaman di medan   

Baca Juga