Ilustrasi Mikrotik (Foto: pelayananpublik.id)

5 Fungsi Mikrotik, Jenis dan Cara Setinggnya Secara Lengkap

Patrick | Teknologi | 07-09-2022

PARBOABOA - Banyak yang mengira bahwa mikrotik dan router adalah perangkat yang sejenis. Pada kenyataannya dua komponen ini memiliki perbedaan dari segi fungsi dan cara kerjanya.

Mikrotik adalah sistem operasi yang mempermudah user menggunakan layanan internet dari perangkat mana saja.

Perbedaan mendasar antara mikrotik dan router adalah mikrotik merupakan perangkat lunak atau software sementara router adalah perangkat keras atau hardware.

Pengertian Mikrotik

Mungkin kamu penasaran dan bertanya-tanya apa itu mikrotik? Mikrotik adalah sistem operasi berbasis software yang digunakan untuk memanfaatkan komputer sebagai router suatu jaringan.

Komponen ini didesain untuk memudahkan berbagai keperluan computer network seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan untuk skaa besar maupun kecil.

Fungsi Mikrotik

Setelah membahas pengertian mikrotik, marik kita bahas mengenai fungsi komponen ini. Berikut fungsi-fungsi mikrotik beserta dengan kegunaanya.

1. Konfigurasi Jaringan Lokal

Fungsi pertama komponen ini adalah untuk mengatur dan menkonfigurasi LAN atau Local Area Network yang menggunakan PC Mikrotik Router OS dan Hardware dengan spesifikasi lebih rendah.

2.  Memberikan Sistem Otentifikasi

Mikrotik Wifi mampu membantu memblokir atau membatasi website atau situs yang mengandung konten terlarang. Perangkat lunak ini mendukung terciptanya internet positif sebagai langkah awal dalam mengurangi konten terlarang dan tidak pantas.

3. Berperan sebagai Hotspot

Komponen ini mampu memberi peran sebagai hotspot. Fungsi ini akan sangat memudahkan ketika melakukan konfigurasi dan membagi bandwith di setiap perangkat. Mikrotik juga memisahkan bandwith traffic data lokal dan internasional.

4. Untuk Mengelola Sistem Jaringan Internet

Dengan menggunakan mikrotik, jaringan internet akan lebih terpusat. Administrasi dapat melakukan pengelolaan dan manajemen data lebih maksimal lagi.

5. Pembuatan PPPoeE Server

PPPoE Server adalah salah satu protokol jaringan yang biasanya digunakan untuk menciptakan sambungan antar komputer dan server untuk kemudian disambungkan ke pelanggan.

Jenis-jenis Mikrotik

Mikrotik memiliki dua jenis produk yang bernama RouterBoard dan RouterOS. Masing-masing jenis ini memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis mikrotik dan penjelasannya.

1. Mikrotik RouterOS

Jenis Mikrotik RouterOS adalah OS yang dipakai berbasis UNIX. UNIX merupakan sistem operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Melalui sistem operasi ini, mikrotik menyediakan fitur mulai dari paket firewall, hotspot, paket router, bridge, proxy server, dan sebagainya.

2. Mikrotik RouterBoard

Router Mikrotik ini memanfaatkan sistem operasi perangkat keras yang dikembangkan oleh perusahaan milik Mikrotik dan berbeda dengan RouterOS yang memanfaatkan software.

RouterBoard terdiri dari sebuah RAM, ROM, Processor dan Flash Memory. Harga pasaran dari komponen ini sekitar Rp600-800 ribu untuk satu perangkat RouterBoard.

Cara Setting Mikrotik yang Tepat

Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana proses untuk setting mikrotik dengan jaringan internet.

1. Pertama, perlu dilakukan konfigurasi IP Address, default route, NAT Masquerade, DNS server dan bridging.

2. Lakukan proses tersebut secara berurutan mulai dari mengatur IP address pada interface yang terhubung dengan ISP.

3. Masukkan IP dan lakukan test PING pada gateway atau alamat IP di mode CMD (Comment Line Interfacce). Contohnya, buka CMD lalu ketik ping 192.168.1.1 kemudian tekan enter.

4. Lakukan konfigurasi pada default route dengan gateway alamat IP.

6. Buka kembali terminal untuk menguji koneksi internet dan coba atur DNS server dari Google.

7. Ketikkan alamat IP dan centang checkbox yang bertuliskan allow, dan uji kembali dengan melakukan tert PING pada semua URL yang ada.

 

Tag : #mikrotik    #software    #teknologi    #perangkat komputer    #internet    #wifi    #jaringan    #ip addres    #bandwith    #broadband   

Baca Juga