Salah satu hewan tercepat di dunia yakni Cheetah (www.liputan6.com)

5 Hewan Tercepat di Dunia, Berapa Km/Jam?

Wulan | Hiburan | 23-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Seperti manusia pada umumnya, hewan juga pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Salah satu contoh kelebihannya ialah kecepatan berlari.

Kelebihan tersebut merupakan salah satu cara hewan untuk mempertahankan hidup mereka di alam liar. Hal itu juga bisa membantu hewan mendapatkan makanan dan menghindari serangan predator lain.

Jika menurut penelitian, manusia mempunyai kecepatan berlari hanya 64/km, kecepatan tersebut ternyata tidak sebanding dengan beberapa jenis hewan ini. Bahkan, kekuatannya dalam berlari setara dengan kecepatan laju mobil.

Lantas, hewan apakah yang paling cepat di dunia? Berikut daftarnya.

1. Burung alap-alap kawah (322 km/jam)

Alap-alap kawah atau biasa disebut sebagai peregrine falcon adalah hewan tercepat di dunia. Hewan yang satu ini tercatat memiliki kecepatan terbang hingga 200 mph (322 kilometer per jam).

Alap-alap kawah memiliki panjang sekitar 50 sentimeter dengan bulu berwarna hitam, kelabu, dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip, dan berekor pendek.

Sebagai hewan tercepat di dunia, burung alap-alap kawah menjadi hewan predator yang paling ditakuti oleh mangsanya. Burung ini bisa ditemui dengan mudah seluruh kawasan Amerika Serikat, khususnya di daerah pantai.

2. Cheetah (120 km/jam)

Para ahli fisiologi yang mempelajari kadal menjelaskan cheetah dapat berlari cepat karena ukuran tubuhnya yang sedang dan memiliki massa tubuh yang rendah. Hal itulah yang membuat cheetah dapat berlari dengan cepat dan gesit.

Sejauh ini cheetah dianggap sebagai hewan tercepat di dunia dengan kecepatan berlari hingga 75 mph (120 kilometer per jam).

Meskipun mempunyai tubuh yang ringan dan cakar yang tumpul, kekuatan cheetah diketahui tidak seagresif predator lain layaknya singa atau macan tutul. Jika berhadapan dengan musuh, cheetah akan menggunakan caranya sendiri untuk pertahanan diri yakni dengan cara terbang.

3. Ikan layaran (109 km/jam)

Berdasarkan hasil dari ReefQuest Center fot Shark Research, ikan layaran juga masuk ke dalam daftar hewan tercepat di dunia. Ikan ini diketahui memiliki kecepatan berenang sampai 68 mph (109 kilometer per jam).

Ikan yang hidup diperairan samudra-samudra di dunia ini berwarna biru keabu-abuan dan memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar kapal.

4. Rusa Thompson (96 km/jam)

Rusa thomson merupakan spesies yang terkenal di Afrika denngan memiliki kecepatan berlari hingga 60 mph (96 kilometer per jam). Hewan ini memiliki ciri khasnya tersendiri seperti bulatan putih di sekitar matanya, garis hitam dari bawah matanya sampai ke hidung, garis berwarna keemasan dari tanduk hingga hidung, serta tanduknya yang beruas-ruas cincin.

Hewan ini juga memiliki cara bertahan hidup yakni dengan menggerakkan tubuhnya secara zig zag, hal tersebut bertujuan agar menyulitkan siapapun yang ingin menangkapnya.

5. Kijang Pronghorn (88,5 km/jam)

Kijang Pronghorn atau yang biasa dikenal sebagai kijang tandung bercabang adalah hewan yang hidup di benua Amerika Utara bagian barat Hewan yang mirip dengan rusa ini memiliki kecepatan berlari hingga 55 mph (88,5 kilometer per jam). Kecepatan tersebut didapatkan pronghorn dari hasil evolusi berdasarkan adaptasinya terhadap ancaman predator cepat yang memangsanya.

Pada bagian tubuhnya, pronghorn memiliki bantalan dan ujung kaki runcing yang berguna untuk peredam hentakan saat mereka berlari.

Tag : #hewan    #hewan tercepat di dunia    #hiburan    #burung alap-alap kawah    #cheetah    #ikan layaran    #rusa thompson    #kijang pronghorn   

Baca Juga