Adobe uji coba photoshop versi web browser

Adobe Boyong Photoshop dan Illustrator Ke Web

Wanovy | Teknologi | 29-10-2021

Adobe resmi mengumumkan kehadiran layanan Photoshop dan Illustrator berbasis web melalui acara Max Conference 2021. Kedua software pengolah gambar ini nantinya dapat diakses secara online melalui web browser Laptop/PC.

Versi web ini mungkin tidak akan sekuat atau kaya fitur dibandingkan dengan versi aplikasi desktop Photoshop, tetapi cukup baik bagi pengguna untuk membuat beberapa pengeditan cepat yang melampaui hanya memotong dan mengubah ukuran gambar.

Menurut Adobe, pengguna yang tertarik dapat mencoba versi beta-nya. “Di dalamnya, Anda dapat mencoba alur kerja komentar dan menguji beberapa fitur pengeditan Photoshop awal yang kami uji coba di web,” kata Adobe, dilansir dari Ubergizmo, Rabu (27/10).

Photoshop berbasis web tersedia lewat uji public beta yang bisa diakses lewat aplikasi Cretive Cloud. Sedangkan Illustrator berbasis web tersedia dalam private-beta, yang artinya pengguna tertentu saja yang bisa menjajalnya.

Layanan ini turut menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi file proyek (dalam format .PSD) untuk dikerjakan secara bersama-sama. Dengan begitu, pengguna dapat melihat hasil kerja dengan pengguna lain serta memberikan komentar pada file proyek yang sedang dikerjakan.

Selainitu, Adobe juga turut mengintegrasikan layanan ini pada jaringan cloud, sehingga pengguna bisa membuat dan menyimpan file pada sebuah akun.

“Anda dan kolaborator Anda sekarang dapat membuka dan melihat dokumen cloud Photoshop di browser, memberikan feedback, dan melakukan pengedit dasar di satu tempat tanpa harus mengunduh atau meluncurkan aplikasi,” ujarnya.

Saat ini tampaknya Photoshop untuk web hanya akan didukung di browser seperti Chrome dan Edge. Ini merupakan pendekatan yang cukup menarik dan menimbulkan pertanyaan apakah akan mulai melihat lebih banyak aplikasi desktop tradisional di web juga.

Jika dibandingkan dengan Photoshop dan Illustrator berbasis aplikasi, kedua layanan terbaru ini memang menawarkan fitur-fitur yang cukup terbatas. Pengguna dapat melakukan proses editing foto menggunakan tools dan perintah sederhana, sebab belum semua fitur tersedia pada layanan versi web ini.

Adapun tools yang dapat digunakan pada Photoshop dan Illustrator berbasis web mencakup lasso tool, spot healing brush, magic wand, remove background, serta fitur untuk menyematkan teks pada foto.

Meski demikian, Adobe berjanji akan terus menambahkan tools dan fitur baru untuk melengkapi kebutuhan editing pengguna melalui Photoshop dan Illustrator berbasis web.

Tag : teknologi, software, adobe, photoshop, illustrator, web

Berita Terkait