Ilustrasi, foto: How To Geek

Curi Data Pengguna, Aplikasi Mengaji dan Cuaca Diblokir Google

Wanovy | Teknologi | 26-04-2022

PARBOABOA - Belakangan ini viral aplikasi azan dan pemantau cuaca di Play Store yang disebut dapat mencuri data penggunanya. Kini, dua aplikasi di antaranya sudah diblokir oleh Google.

"Sampai hari ini 25 April 2022 telah ada 2 (dari 11 aplikasi) yang telah diputus aksesnya oleh Google," ujar Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam keterangannya, Selasa (26/4).

Ia menjabarkan dua aplikasi yang telah diblokir oleh Google adalah Simple Weather & Clock Widget dan Full Quran MP3-50+.

Dilansir dari akun Instagram Siber Polda Metro Jaya, terdapat 11 aplikasi di Play Store yang melakukan pencurian data pribadi. Berikut daftarnya:

1. Speed Camera Radar

2. Al-Moazin Lite

3. WiFi Mouse (remote control PC)

4. QR & Barcode Scanner

5. Qibla Compass – Ramadan 2022

6. Simple Weather & Clock Widget

7. Handcent Nex SMS-Text w/MMS

8. Smart Kit 360

9. Al Quran MP3 – 50 Reciters & Translation Audio

10. Full Quran MP3 – 50+ Language & Translation Audio

11. Audiosdroid Audio Stuido DAW

Dari sederet aplikasi tersebut, Speed Camera Radar, Al-Moazin Lite, dan WiFi Mouse (remote control PC) menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh dengan masing-masing diunduh sekitar sepuluh juta kali.

"Saat ini Kementerian Kominfo sedang berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Google Indonesia untuk memproses hasil investigasi," tuturnya.

Sementara untuk sembilan aplikasi lain dalam daftar tersebut, Dedy mengatakan masih melakukan verifikasi hasil evaluasi.

Tag : #azan    #malware    #apps    #teknologi    #aplikasi curi data    #google play store    #android   

Baca Juga