Apple Merilis Update iOS 16.3, Ini Deretan Fitur Barunya

Penulis : Wanovy | Teknologi | 25-01-2023

Ilustrasi update iOS 16.3, foto: engadget.com

PARBOABOA - Apple merilis iOS 16.3 dan iPadOS 16.3 secara publik setelah uji coba beta beta selama beberapa pekan. Update kali ini membawa banyak fitur baru, termasuk perbaikan untuk masalah garis yang muncul di layar iPhone 14 Pro Max.

Perubahan yang dibawa iOS 16.3 sebenarnya terbilang minor, tapi update kali ini sangat mengedepankan keamanan.

Jadi bagi pengguna iPhone yang fokus pada keamanan data dan akunnya, update kali ini wajib diinstal.

1. Perubahan panggilan Emergency SOS

Salah satu update yang dibuat Apple adalah pembaruan untuk fitur Emergency SOS, fitur ini telah diperbarui untuk mencegah panggilan darurat yang tidak disengaja.

Sebelumnya, pengguna harus menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume atas atau bawah secara bersamaan untuk melakukan panggilan darurat, tetapi sekarang tombol tersebut harus dilepaskan untuk melakukan panggilan.

2. Perbaikan layar iPhone 14 Pro Max

Apple juga memperbaiki masalah pada layar iPhone 14 Pro Max, di mana sebelumnya banyak keluhan garis horizontal muncul sementara di layar iPhone 14 Pro Max saat pertama kali perangkat dibangunkan.

3. Security Key untuk Apple ID

Selain dua perbaikan di atas, Apple juga menambah fitur keamanan di iOS 16.3 dengan kunci keamanan fisik.

Security Key Apple ID memungkinkan pengguna menambah kunci keamanan pihak ketiga untuk akun mereka. Kunci tersebut akan dibutuhkan untuk otentikasi saat pengguna login ke perangkat baru atau mengakses Apple ID.

Security Key ini didesain untuk menggantikan kode verifikasi yang dikirim ke perangkat Apple saat login di perangkat lain.

Menurut Apple, kunci keamanan fisik ini memiliki proteksi yang lebih kuat terhadap phising dan akses yang tidak diizinkan lainnya.

4. Perbaikan bug

iOS 16.3 mengatasi sejumlah bug, termasuk masalah Freeform, Lock Screen, dan Siri. Berikut perbaikan bug selengkapnya dikutip dari MacRumors, Selasa (24/1/2023).

Memperbaiki masalah di Freeform di mana beberapa coretan gambar yang dibuat dengan Apple Pencil atau jari tidak muncul di board yang di-share.

Mengatasi masalah wallpaper tampak hitam saat layar terkunci

Memperbaiki masalah ketika widget di Home Lockscreen yang tidak menampilkan status secara akurat

Mengatasi masalah Siri‌ yang tidak menanggapi permintaan musik dengan benar

Mengatasi masalah permintaan ‌Siri‌ di CarPlay yang mungkin tidak dipahami dengan benar

Untuk melakukan update ke iOS 16.3, pengguna iPhone bisa melakukannya melalui menu Settings > General > Software Update.

Nah, itulah tadi seputar informasi mengenai update iOS 16.3. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #ios    #update ios    #teknologi    #os    #iphone    #apple   

Baca Juga