Apa Itu Signifikan (foto: tedas.id)

Mengenal Arti Signifikan Di Berbagai Konteks Beserta Contohnya

Regina | Pendidikan | 24-08-2022

PARBOABOA – Banyak jenis kata yang sering didengar oleh beberapa orang, namun tidak tau makna di baliknya. Seperti pengucapan atau penulisan kata signifikan contohnya.

Istilah yang satu ini sering sekali digunakan dalam berbagai konteks, namun tak banyak yang mengetahui tentang arti isitilah yang satu ini secara pasti.

Lalu, apa itu signifikan yang sebenarnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Secara Umum

Signifikan adalah salah satu bentuk kata sifat, yang bisa memberikan hasil positif atau negatif tergantung dengan pemakaiannya.

Di dalam KBBI, sinonim signifikan bisa menyerupai bermakna, istimewa, penting, relevan, benar, berarti, dan substansial. Kata yang satu ini biasanya digunakan dalam suatu perbincangan atau kalimat yang menggambarkan hal yang penting dan jelas.

Walaupun begitu, isitilah yang satu ini ternyata memiliki makna yang berbeda-beda sesuai dengan konteks, situasi dan kondisi dari penggunaan kata tersebut.

Jadi, sebelum menggunakan kata yang satu ini, ada baiknya perhatikan cara penempatan atau penggunaannya terlebih dahulu agar bisa sesuai dengan konteks dan maksud yang ingin disampaikan.

Pengertian Menurut Para Ahli

Beberapa peneliti juga ikut andil dalam makna isitilah yang satu ini. Seperti menurut seorang ahli yang bernama Cramer dan Howitt maksud dari kata ini adalah sesuatu hal kurang masuk akal apabila ada peneliti yang menemukan sebuah penemuan baru tanpa disertai dengan uji hipotesis.

Dr. Indra Jaya dan Ardat Ahmad dalam buku Biostatistik menyebut, arti signifikan dalam penelitian adalah tingkat kepercayaan hasil penelitian yang kita lakukan. Biasanya, dijelaskan dalam taraf persen tertentu yang angkanya ditentukan oleh peneliti.

Sedangkan menurut surveysystem.com, kata yang satu ini tidak berkaitan dengan kesempatan apapun.

Pengertian Dalam Konteks Statistika

Istilah ini juga memiliki makna yang luas dalam statistika. Di dunia statistika, kata signifkan digunakan untuk menyatakan benar atau nyata. Hal itu dikarenakan, statistika adalah ilmu yang mempelajari suatu hal, terkait hipotesis untuk diterima atau ditolak.

Jikalau kesimpulan dalam hitungan statistika dinyatakan relevan, berarti hipotesis tersebut dapat diterima. Sebaliknya, jikalau kesimpulan dalam hitungan statistika tidak siginifikan, maka hipotesis tersebut ditolak.

Pengertian Dalam Penelitian

Kata ini juga sering ditemukan dalam tulisan ilmiah. Biasanya penggunaan utama istilah yang satu ini untuk menjelaskan hasil penelitian yang dilakukan. Maka dari itu, data yang dipakai tidak boleh diambil dari sembarang narasumber dan kredibilitas yang masih diragukan.

Uji statistik adalah salah satu uji yang digunakan ketika mengutip sebuah artikel ilmiah. Hal itu dikarenakan, isitilah ini digunakan sebagai label uji statistik, yang bertujuan untuk memaparkan penjelasan terhadap angka hasil uji statistik.

Contoh Pengaplikasian Kata

Konteks Umum :

  • Angka kematian akibat penyakit diabetes mengalami peningkatan signifikan dalam tiga tahun belakangan.
  • Pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut mendapatkan suara signifikan di daerah-daerah tertentu.

Konteks Statistik :

  • Sejak Walikota Pematang Siantar tersebut dilantik, perkembangan ekonomi mengalami peningkatan yang signifikan.
  • Nilai pelajaran Matematika di SMP X mengalami peningkatan yang signifikan setelah ada pergantian guru.
  • Angka kekerasan dalam rumah tangga saat ini mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Konteks Penelitian :

  • Keuntungan dari bisnis hariannya terus meningkat signifikan setelah menggunakan cara-cara moderen yang sesuai kecenderungan anak-anak milenial.
  • Budaya di dalam organisasi berdampak secara positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota organisasi.

Demikian penjelasan mengenai makna signifikan dan contoh pengaplikasiannya dalam berbagai situasi. Semoga artikel ini membantu.

Tag : #signifikan    #konteks    #pendidikan    #sinonim    #contoh   

Baca Juga