Bendera Merah Putih Tidak Akan Berkibar Di Piala AFF 2020

Bendera Merah Putih Tidak Akan Berkibar Di Piala AFF 2020

Michael | Sepakbola | 25-11-2021

Parboaboa.com – PSSI memastikan Bendera Merah-Putih tak bisa berkibar di gelaran Piala AFF 2020. Sebab Indonesia masih dalam menjalani sanksi Badan Anti-doping Dunia (WADA).

Meski begitu PSSI masih berupaya untuk tetap bisa mengibarkan bendera Indonesia. Cara yang ditempuh federasi adalah meminta surat kepada Kemenpora dan LADI tentang sanksi WADA untuk diteruskan ke AFF.

"Ya kan itu bukan ranahnya di kita. Sejak acara badminton (Piala Thomas) itu kami sudah bersurat juga ya ke Kemenpora dan LADI," kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan kepada wartawan.

"Kami menunggu. Yang jelas apapun keputusan yang diambil, kami ikut karena aturannya memang demikian. Mudah-mudahan bisa juara," ujarnya menambahkan.

Dijelaskan Iriawan, Yang sudah dipastikan adalah absennya Bendera Indonesia kalau Timnas juara. Tapi PSSI berharap Bendera Indonesia masih memungkinkan masuk ke stadion pertandingan untuk momen menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan.

Meski begitu, yang sudah-sudah Bendera Indonesia juga tak bisa digunakan pada laga uji coba dan beberapa laga resmi Timnas Indonesia. Terakhir, tak ada pembentangan Bendera Merah-Putih sebelum laga Timnas Indonesia kontra Afghanistan pada uji coba pada 16 November lalu.

"Kalau tanpa bendera Indonesia, mudah-mudahan nanti juga ada perubahan, tapi kami akan ikuti aturan itu. Kan nggak bisa dipaksakan juga," tutur Iriawan.

Jalur diplomasi coba dilakukan PSSI. Meski sebenarnya hanya pencabutan sanksi dari WADA yang bisa membuat Bendera Indonesia berkibar lagi pada event-event olahraga internasional.

Sebelum PSSI, Thailand melalui FAT (Federasi Sepakbola Thailand) sudah lebih dulu mengonfirmasi kabar ini. Sama seperti Indonesia, Thailand juga kena sanksi WADA sehingga tak bisa mengibarkan benderanya di Piala AFF mendatang.

Tag : piala aff 2020, indonesia, bendera merah putih, pssi, sanksi WADA

Berita Terkait