Resep dan Cara Membuat Kentang Goreng Renyah (Dok:Liputan6.com)

Resep dan Cara Membuat Kentang Goreng Renyah dan Enak, Wajib Re-Cook

Ester | Selera Nusantara | 31-07-2022

PARBOABOA – Siapa nih yang sering mencoba memasak kentang goreng, namun tidak renyah dan malah lembek. Nah, di bawah ini Parboaboa akan membantu kamu dengan memberikan resep dan cara membuat kentang goreng yang mudah namun renyah untuk kamu coba.

Salah satu makanan yang banyak disukai oleh setiap kalangan adalah kentang goreng. Seperti namanya, kentang goreng adalah salah satu olahan dari kentang yang digoreng dan diberi penyedap rasa sesuai dengan selera masing-masing.

Dilihat dari namanya, tentu cukup mudah untuk membuat kentang goreng yang lezat. Namun ternyata, tidak semua orang dapat mengolah kentang goreng yang benar dan enak.

Terkadang, banyak orang yang membuat kentang goreng kurang renyah, kurang gurih, dan malah lembek. Jadi, kentang goreng yang dihasilkan kurang maksimal untuk dikonsumsi siapa saja.

Hal itu dapat terjadi saat resep dan cara membuat kentang goreng yang diikuti salah.

Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan resep dan cara membuat kentang goreng yang renyah dan enak untuk kamu coba. Penasaran? Berikut kami berikan resepnya untuk kamu ikuti.

Resep Kentang Goreng Renyah

Bahan-bahan:

  • 3-4 buah kentang ukuran besar
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm maizena
  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 siung bawang putih, digeprek
  • Kaldu atau garam halus secukupnya
  • Air dan garam secukupnya untuk merendam kentang

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama, siapkan semua bahan untuk membuat kentang goreng.
  2. Setelah itu, kupas kulit kentang dan pastikan kentang benar-benar bersih dari kulit.
  3. Kemudian, potong kentang sesuai selera kamu. Namun akan lebih baik jika memotongnya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.
  4. Lakukan pada semua kentang dan sisihkan sebentar
  5. Langkah selanjutnya siapkan wadah yang cukup besar dan tuangkan air ke dalamnya. Jangan lupa tambahkan garam ke dalam air tersebut.
  6. Masukkan potongan kentang ke dalam larutan garam. Aduk perlahan dengan menggunakan tangan agar semua bagian kena larutan garam.
  7. Bilas kentang hingga bersih di air mengalir.
  8. Jika dirasa sudah bersih, rebus air hingga mendidih dan masukkan bawang putih yang sudah digeprek, bawang putih, gula, dan garam. Kemudian, aduk agar tercampur rata. Rebus selama 3-5 menit atau 1/4 matang.
  9. Setelah matang, matikan kompor, angkat, dan tiriskan. Kamu juga dapat mengelap kentang dengan menggunakan tisu dapur.
  10. Masukkan kentang ke dalam kulkas selama 10-15 menit.
  11. Sembari menunggu, siapkan campuran tepung dengan mencampurkan tepung maizena dan tepung terigu di dalam satu wadah. Aduk hingga kedua tepung tersebut tercampur dengan rata.
  12. Setelah itu, keluarkan kentang dari kulkas. Taburi kentang dengan campuran tepung. Aduk-aduk hingga tercampur dengan rata. Pastikan seluruh kentang terbalur tepung dengan rata.
  13. Tips kentang agar semakin renyah, masukkan baluran kentang tadi ke dalam freezer selama 1-2 jam. Setelah 1-2 jam, keluarkan kentang dan siapkan wajan untuk mulai menggoreng.
  14. Panaskan minyak yang banyak agar saat digoreng nanti kentang dapat tenggelam sempurna.
  15. Goreng kentang hingga setengah matang di dalam minyak panas. Pastikan minyak benar-benar panas dan kentang terendam di dalam minyak. Angkat, tiriskan, dan biarkan dingin.
  16. Lalu, panaskan minyak hingga benar-benar panas. Jika minyak sudah panas, kecilkan api, dan goreng kentang hingga warna berubah menjadi kuning kecokelatan. Angkat.
  17. Selagi kentang masih panas, taburi dengan penyedap atau kaldu bubuk sesuai dengan selera kamu. Aduk hingga tercampur dengan rata.
  18. Sajikan kentang bersama dengan saus cocol. Kentang goreng renyah telah siap untuk dinikmati.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Resep kentang goreng renyah di atas dapat menjadi salah satu ide cemilan atau bisnis jualan kamu di rumah. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu dan selamat mencoba!

Tag : #kentang goreng    #gorengan    #selera nusantara    #makanan    #cemilan    #ide jualan   

Baca Juga