Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 dengan Cepat (Foto: Speedcube)

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 dengan Cepat

Faulan | Hiburan | 13-09-2022

PARBOABOA - Menyelesaikan rubik 3x3 dengan waktu yang singkat mungkin terdengar sulit, tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya. Artikel kali ini akan membahas cara menyelesaikan rubik 3x3 cepat dan mungkin anda juga bisa menerapkannya. 

Jika anda sama sekali tidak bisa memainkan rubik, silakan baca tutorial rumus rubik 3x3 pemula terlebih dahulu sebelum melanjutkan dengan artikel ini karena bahasan dalam artikel ini cukup berat untuk pemula.

Saat memainkan rubik, ada tahapan dan proses yang harus dilalui karena tidak semuanya terjadi begitu saja secara instan. Jika anda ingin menyelesaikan rubik dalam waktu yang sangat singkat seperti para pemain rubik profesional atau biasa disebut dengan speedcuber

Mungkin anda harus dapat menyelesaikan rubik 3x3 dalam waktu dibawah 20 detik sebagai awalan. Karena rekor rubik tercepat di dunia saat ini dipegang oleh Yusheng Du asal Cina dengan rekor 3,42 detik. Mungkin kedengaran hampir mustahil untuk dapat menyelesaikan rubik 3x3 dengan waktu yang secepat itu tetapi anda dapat terus berlatih untuk mengasah kecepatan anda.

Metode

Salah satu metode yang paling banyak digunakan oleh speed cuber di dunia untuk menyelesaikan rubik 3x3 adalah metode CFOP. CFOP ini merupakan singkatan dari Cross F2L  OLL PLL. Ini merupakan tahapan-tahapan yang dipakai dan harus berurutan. Selain CFOP anda juga dapat menggunakan teknik atau metode lain yang menurut anda lebih cepat.

Fingertrick

Fingertrick adalah sesuatu yang harus selalu dilatih sebagai pemain rubik. Karena dengan melatih jari kita akan dapat mempercepat kecepatan dalam penyelesaian rubik. Anda dapat memangkas beberapa detik dengan fingertrick yang baik.

Look Ahead

Selain fingertrick, look ahead juga berperan penting dalam menyelesaikan rubik dengan cepat. Cara melatih look ahead adalah dengan memutar rubik secara perlahan pada saat menyelesaikannya. 

Ini akan memudahkan untuk melihat gerakan berikutnya yang akan kita lakukan ketika menyelesaikan rubik. Selain itu, anda harus terus melatih look ahead ini sampai hanya ada sedikit jeda antara tahap pertama dan berikutnya.

Full PLL

Setelah Fingertrick dan kejelian, PLL juga sangat penting jika ingin menyelesaikan rubik dalam waktu yang sangat singkat. Permutation Last Layer atau PLL adalah salah satu rumus rubik 3x3 tahap akhir dan mungkin dengan menguasai 21 rumus PLL dalam metode CFOP sangat penting jika anda ingin menjadi speedcuber

Selain menghafal rumus, PLL juga mengharuskan kita untuk melihat dan menyelesaikan kasus dengan cepat. Salah satu contoh rumus PLL adalah rumus rubik 3x3 oll yang sering dipakai oleh orang. Ini akan membutuhkan peran dari fingertrick dan juga look ahead, sehingga semua titik terhubung dan anda dapat menyelesaikan rubik 3x3 dengan sangat cepat.

Berikut adalah perhitungan waktu tahapan demi tahapan untuk menyelesaikan rubik dalam waktu kurang dari 20 detik. Untuk membentuk cross waktu yang dibutuhkan  jangan melebihi 3 detik. Untuk F2L atau First Two Layer harus dapat selesai dalam waktu 8 detik. Untuk dapat menyelesaikan OLL atau Oriented Last Layer harusnya dapat selesai dengan waktu 3 detik saja.

Jika semua dijumlahkan, waktu yang dibutuhkan hanya berkisar 19 detik saja. Anda akan dapat melakukannya dengan lebih cepat dengan cara berlatih secara rutin dan konsisten. Anda dapat melatih kecepatan jari atau fingertrick dan look ahead dengan melakukan average of 100 atau 200.


 

Tag : #rubik    #speedcuber    #hiburan    #rubik 3x3   

Baca Juga