Ilustrasi kanker payudara (dok Thinkstock)

Ciri-Ciri Kanker Payudara Dari Stadium Awal Hingga Akhir

Rini | Kesehatan | 08-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Kanker Payudara adalah kanker yang tumbuh di jaringan payudara akibat sel-sel di payudara tumbuh secara tidak terkendali, akibatnya, sel jadi menumpuk dan membentuk gumpalan tumor ganas seperti benjolan. Menurut data, kanker payudara adalah jenis kanker dengan jumlah pasien tertinggi dan mempunyai tingkat kematian tertinggi juga.

Jangan sepele, meski kebanyakan terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa terjadi para pria. Tingkat keparahan penyakit ini diklasifikasikan kedalam empat stadium yaitu 1 hingga 4. Dimana stadium 1 adalah kondisi kanker saat awal-awal muncul di payudara, sedangkan stadium 4 adalah kondisi terparah dari penyakit ini.

Ciri-ciri kanker payudara

Ciri-ciri kanker payudara yang umum dirasakan penderitanya antara lain:

- Ada benjolan atau jaringan yang menebal di payudara

- Payudara terasa sakit

- Payudara kemerahan atau ada luka berlubang di payudara

- Sebagian atau seluruh payudara membengkak

- Keluar cairan dari puting tapi bukan ASI

- Puting mengeluarkan darah Puting atau payudara kulitnya bersisik atau mengelupas

- Bentuk dan ukuran payudara tiba-tiba berubah tanpa sebab jelas

- Puting susu tertarik ke belakang

- Muncul benjolan atau bengkak di bawah lengan.

Penyakit kanker payudara dapat dibagi menjadi beberapa tahap yaitu stadium 1 hingga stadium 4. Dilansir dari laman Hallosehat Kemenkes, berikut ini ciri-ciri kanker payudara dari stadium 1 hingga 4:

Stadium I

Stadium I kanker payudara merupakan masa awal munculnya benjolan di payudara. Pada tahap ini kanker tersebut belum menyebar ke kelenjar getah bening. Akan tetapi, sel kanker telah menyebar dan merambat ke jaringan payudara sehat di sekitarnya.

Tumor yang cenderung kecil pada tahap ini membuat kanker payudara masih cukup sulit dideteksi karena ukurannya hanya 2 cm. namun penderita kanker payudara yang terdeteksi saat masih stadium I, harus bersyukur karena penyembuhan kanker payudara ini masih cukup besar kemungkinnanya.

Adapun cara untuk mendeteksi penyakit ini dapat dilakukan dengan pemeriksaan payudara sendiri atau skrining rutin ke rumah sakit.

Stadium II

Stadium II dikenal juga dengan kanker payudara invasif. Pada stadium ini masih tergolong stadium awal. Pada stadium II, ukuran tumor sudah lebih besar daripada stadium sebelumnya dengan ukuran 2-5 cm. Pada tahap ini sel kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening dan ke area terdekat, tetapi belum menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh.

Karena masih tergolong stadium awal, kemungkinan sembuh dari penyakit ini juga masih terbilang tinggi, namun dibutuhkan waktu paling tidak 5 tahun untuk pengobatan. Pengobatan yang biasanya diberikan, yaitu operasi kanker payudara, baik mastektomi radikal beserta pengangkatan kelenjar getah bening ketiak. Selanjutnya setelah operasi Anda dapat menjalani kemoterapi, terapi hormon, atau terapi target sesuai dengan hasil immunohistokimia.

Stadium III

Stadium III disebut juga dengan kanker payudara stadium lanjut lokal. Artinya, tumor ganas atau benjolan yang ditemukan bisa lebih besar dengan ukuran lebih dari 5 cm, belum menginfiltrasi jaringan sekitar payudara dan sudah ada penyebaran ke kelenjar getah bening ketiak. Namun, penyebarannya ini belum sampai ke organ tubuh lainnya.

Kanker payudara stadium 3 dibagi menjadi stadium 3A, 3B, dan 3C. pembagian stadium 3 ini berpengaruh pada pengobatan yang dapat dilakukan. Pada stadium  3A, pengobatan pasien masih mungkin dilakukan dengan operasi. Namun pada stadium 3B dan 3Ckarena sel kanker telah menyebar ke dinding dada dan atau kulit payudara, sebelum dioperasi akan lebih dulu dilakukan kemoterapi. Jika hasil kemoterapi ini baik, maka pengobatan akan kembali dilanjutkan dengan dengan operasi.

Stadium IV

Kanker payudara stadium IV adalah stadium paling parah dari penyakit ini. Dimana kanker telah menyebar dari payudara dan kelenjar getah bening di sekitarnya ke organ tubuh lain, seperti paru-paru, kelenjar getah bening yang jauh dari payudara, kulit, tulang, hati, atau otak.

Bila sudah sampai pada stadium IV, pasien tidak akan bisa disembuhkan dan kemungkinan akan menyebabkan kematian. Pengobatan yang dilakukan hanya untuk untuk meringankan gejala, meningkatkan kualitas hidup, serta memperpanjang angka harapan hidup, dengan mengecilkan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Itulah di atas ciri-ciri kanker payudara sesuai dengan stadium yang perlu diketahui. Untuk menentukan stadium dari kanker yang dialami memang diperlukan pemeriksaan medis di rumah sakit, jadi jika sudah mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas, sebaiknya kunjungi dokter segera untuk berkonsultasi dan menentukan pengobatan yang akan dijalani.

Tag : #gaya hidup sehat    #kanker    #kanker payudara    #stadium kanker    #kesehatan   

Baca Juga