Makanan siap saji, enak tapi tidak menyehatkan

Dampak Buruk Jika Konsumsi Makanan Siap Saji Setiap Hari

rini | Kesehatan | 04-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar – Makanan siap saji atau Junk Food sekarang ini menjadi salah satu makanan paling sering dikonsumsi manusia. Alasannya karena tidak perlu repot memasak, harganya murah dan rasanya enak.

Nyatanya, makanan siap saji mengandung jumlah lemak yang besar, banyak mengandung garam dan gula, serta rendah nutrisi dan kalori, juga tidak mengandung bahan makanan asli. Juga mengandung banyak sekali bahan kimia seperti bahan pengawet, bahan penyedap, dan pewarna makanan. Kandungan tersebut tidak mengandung gizi dan nutrisi untuk tubuh kita, bahkan memicu timbulnya penyakit berbahaya.

Berikut sejumlah bahaya terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji:

Kolesterol tinggi

Di dalam makanan siap saji sendiri memiliki nilai gizi yang rendah. Bahkan tidak ada sama sekali. Kebanyakan junk food mengandung kalori cukup tinggi. Hal ini yang menyebabkan kolesterol meningkat. Pastinya kolesterol tinggi akan sangat berdampak pada kesehatan tubuh.

Diabetes

Junk food sangat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Sistim metabolisme tubuh yang tidak baik akan menyebabkan nutrisi makanan tidak terserap dengan baik. Selain itu, makanan cepat saji juga menyebabkan kadar gula darah meningkat. Insulin juga tidak bekerja dengan sempurna. Padahal insulin sangat dibutuhkan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi.

Penyakit jantung

Junk food memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Hal ini juga yang membuat kolesterol di dalam tubuh meningkat. Selain itu, makanan cepat saji juga menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Lemak jahat yang menumpuk di dalam tubuh akan sangat mempengaruhi kerja jantung. Selain itu, lemak juga bisa menumpuk di dalam pembuluh darah menyebabkan penyumbatan. Maka dari itu, resiko serangan jantung pun juga akan meningkat.

Gangguan ginjal

Selain lemak jahat, junk food juga memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Kandungan natrium tersebut bisa mempengaruhi kinerja ginjal. Dengan begitu, ginjal tidak bisa berfungsi untuk menyaring racun dalam darah dengan baik.

Kerusakan hati

Bahaya cukup mematikan akan junk food adalah kerusakan hati. Bahkan, penelitian menunjukan mengonsumsi junk food tanpa berolahraga sama halnya dengan orang mengonsumsi alkohol. Hal ini pula yang menyebabkan jaringan parut dalam hati. Sehingga, hati tidak bekerja secara baik dan optimal.

Menyebabkan Masalah Kulit

mengonsumsi junk food secara berlebihan dapat menyebabkan kulit berjerawat, kulit kusam, dan berminyak. Junk food merupakan makanan yang minim nutrisi dan gizi. Sehingga, dengan sedikit nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh, kulit menjadi kusam karena proses regenerasi kulit terhambat akibat kekurangan nutrisi.

Tag : #kesehatan    #makanan siap saji    #junk food    #efek negatif    #mengandung pengawet   

Baca Juga