ilustrasi kegiatan begadang

Dampak Buruk Trend Begadang Dikalangan Millenial

Dimas | Kesehatan | 14-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – Begadang menjadi hal yang biasa dan sering dilakukan hampir semua remaja di era Millenial sekarang ini. Banyaknya wadah hiburan saat malam hari menjadikan kalangan muda lebih tertarik melakukan aktivitas saat malam hari.

Dibeberapa kota besar, begadang ini bahkan menjadi trend bagi kalangan remaja. Hal tersebut menjadi biasa dan sering dilakukan anak millenial sekarang  untuk mencari hiburan. Seperti bermain game, clubbing, dan nongkrong hingga pagi hari.

Memang, ada sebagian orang yang melakukan aktifitas dimalam hari (begadang) tidak sebatas mencari hiburan semata, terlebih karena faktor tuntutan dari pekerjaan.

Namun, kebiasaan begadang ini memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Adapun dampak buruk begadang, yakni:

1. Gangguan Pada Mata

Begadang mampu mengurangi kadar oksigen untuk mata. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah di area tersebut melebar dan membuatnya terlihat merah.

Berbagai gangguan mata juga bisa terjadi karena tubuh mengalami kurang tidur. Apalagi saat begadang diisi dengan bermain ponsel sampai pagi. Cahaya pada ponsel dapat memancarakan radiasi yang berujung pada kebutaan.

2. Sakit Kepala

Beberapa ahli menyebutkan begadang dapat mengakibatkan sakit kepala. Dan banyak juga yang mengeluhkan sakit kepala hanya terasa pada satu bagian atau disebut migrain.

Hal itu bisa terjadi karena ketidakseimbangan kadar zat serotonin akibat sering begadang.ketidakseimbangan itu membuat pembuluh darah menyempit serta aliran darah menuju otak menjadi tidak lancar. Kondisi tersebut dapat memicu migrain atau sakit kepala sebelah.

3. Sulit Konsentrasi

Begadang dapat menggangu fungsi otak yang mengakibatkan penurunan nalar untuk berfikir dan memecahkan masalah.

Seseorang akan lebih sering bingung dan tidak fokus dengan sesuatu yang dikerjakan setelah begadang. Ditambah rasa kantuk yang membuat otak sangat sulit untuk berkonsentrasi.

4. Memicu Obesitas

Pola tidur yang teratur baik untuk meningkatkan fungsi hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Jika terlalu sering begadang, hormon itu akan terganggu yang menyebabkan tubuh sering merasa lapar.

Hal itu menyebabkan seseorang ingin mengonsumsi makanan secara terus menerus yang berujung pada tubuh menjadi kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Berbagai Masalah Kulit

Banyak orang mengeluhkan berbagai masalah pada kulit. Padahal, sudah memakai produk perawatan kulit yang mahal dan bagus.

Ternyata kesehatan kulit bisa terganggu bahkan ketika kita sudah menggunakan produk perawatan pada kulit. Hal itu bisa terjadi jika pola tidur tidak teratur.

Pola tidur yang tidak teratur atau jika seseorang sering begadang, pembentukan pada kolagen (zat yang menjaga peremajaan kulit) akan mengalami gangguan. Hal ini dapat berakibat pada munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada wajah.

Itulah beberapa dampak dari sering begadang. Ada baiknya hindari begadang apabila situasi tidak mendesak agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Tag : #begadang    #trend    #millenial    #obesitas    #kesehatan   

Baca Juga