Ilustrasi, foto: Dell

Dell Rilis Laptop Seri 5000 dari Plastik, Diklaim Paling Ramah Lingkungan

Wanovy | Teknologi | 22-04-2022

PARBOABOA - Menjelang Hari Bumi, Dell Technologies meluncurkan produk baru dan bahan-bahan berkelanjutan atau ramah lingkungan untuk membantu mengatasi masalah limbah dan keterbatasan sumber daya yang semakin meningkat.

“Tujuan Dell adalah menciptakan teknologi yang mendorong kemajuan manusia. Kami terinspirasi oleh kesempatan untuk mengubah berbagai hal menjadi lebih baik untuk generasi mendatang”, kata Rahul Tikoo, senior vice president, Client Product Group, Dell Technologies, dalam keterangannya, Selasa, 19 April 2022.

“Tujuan ini jelas terlihat dalam cara-cara baru kami merancang dan mengemas produk-produk kami untuk mengurangi dampak lingkungan, limbah, dan emisi,” lanjutnya.

Dell Latitude seri 5000 adalah laptop Dell dengan volume penjualan tertinggi. Oleh karena itu, investasi dalam fitur-fitur keberlanjutan akan membantu memastikan Dell secara efektif akan menghadirkan dampak dalam skala besar.

Dikutip dari rilis resminya, Latitude seri 5000 memiliki tutup yang terbuat dari 71 persen bahan yang dapat didaur ulang dan terbarukan, termasuk bioplastik berbahan dasar pohon yang didaur ulang dari industri pembuatan kertas (21 persen), serat karbon yang direklamasi (20 persen), dan plastik pasca-konsumsi yang didaur ulang (30 persen).

Sementara, dasar laptop dibuat dengan serat karbon reklamasi (20 persen) dan rubber feet berbasis bio terbaru yang terbuat dari minyak biji jarak (39 persen).

Bahan terbarukan ini disebut mengurangi ketergantungan pada bahan berbasis minyak bumi.

Laptop ini juga memanfaatkan sampah plastik yang berakhir di laut sebagai material untuk rumah kipas (fan housing) sebanyak 28 persen.

Kemasannya juga diklaim ramah lingkungan lantaran terdiri dari 100 persen bahan daur ulang atau terbarukan.

Bentuknya, kemasan alternatif kertas untuk barang-barang yang biasanya dikemas dalam kantong plastik, seperti kabel listrik dan buku/brosur petunjuk pemakaian, kotak pengiriman bergelombang daur ulang dengan tray bagian dalam yang terbuat dari bambu dan bubur kertas berbasis serat tebu;

Selain itu, ada pula pita perekat berbasis kertas untuk mengurangi potensi kontaminasi aliran limbah jika memakai pita perekat plastik.

Meski sudah ada sejumlah variasi Latitude seri 5000, Dell sejauh ini belum merinci spesifikasi laptop yang diklaim ramah lingkungan tersebut.

Tag : #dell    #hari bumi    #laptop    #teknologi    #laptop bahan plastik   

Baca Juga