Desain interior rumah klasik modern, foto: InteriorDesign.id

10 Ide Desain Interior Rumah Klasik Modern Minimalis

Wanovy | Rumah | 05-08-2022

PARBOABOA - Rumah klasik modern terinspirasi oleh gaya arsitektur klasik, namun disesuaikan dengan tampilan yang lebih sederhana agar sesuai dengan gaya hidup modern saat ini.

Perpaduan kedua gaya yang bisa dibilang bertolak belakang ini justru membuat rumah klasik modern jadi lebih unik, artistik, tanpa kehilangan kesan mewahnya.

Nah, jika Anda menyukai desain modern namun tetap tak ingin kehilangan sentuhan mewah nan glamor pada hunian, maka tak ada salahnya untuk mencoba perpaduan desain interior rumah klasik modern yang satu ini.

1. Gaya American Classic

American Classic dikenal sebagai gaya yang sederhana, tidak menggunakan terlalu banyak ukiran, memakai furnitur berukuran besar, detail-detail yang simpel, serta identik dengan warna-warna kalem dan lembut.

American Classic merupakan variasi dari gaya klasik Eropa, namun lebih fleksibel serta lebih gampang perawatannya.

Hal inilah yang jadi daya tarik sebagian orang memutuskan menerapkannya pada hunian mereka.

2. Penggunaan Material Alam

Ciri khas desain interior rumah klasik modern dapat dilihat dari penggunaan bahan alam berupa marmer sebagai lantai rumah.

Seluruh lantai hunian menggunakan marmer dengan motif dan warna yang sama untuk kesan alami dan nyaman.

Marmer tersohor sebagai material alam yang dingin, kuat, serta memiliki tampilan elegan. Tidak heran, material marmer jadi primadona dalam hunian ini.

3. Furnitur Super Besar

Berbeda dengan gaya minimalis atau Skandinavia yang lebih melihat fungsi dan cenderung memiliki ukuran furnitur compact, gaya American Classic mengusung konsep berbeda.

Desain interior rumah klasik modern justru menonjolkan furnitur berukuran besar atau lebih dari ukuran standar yang bertujuan meningkatkan kesan mewah.

Hal tersebut terlihat pada pemilihan meja, kursi, hingga lampu gantung di beberapa ruangan. Semua pilihan furnitur memiliki ukuran lebih besar dari biasanya dan ampuh memberi kesan mewah tanpa melupakan fungsi utama.

4. Manfaatkan Daftar Aksesoris Ruangan

Untuk menambah kesan klasik pada rumah atau tempat tinggal bergaya klasik, bisa menambahkan aksesoris rumah berkonsep klasik juga.

Aksesoris bergaya klasik seperti, lampu gantung kristal, lukisan dengan bingkai berprofil, vas bungan yang tinggi dan lain-lain.

Desain interior rumah klasik sederhana yang memiliki aksesoris tersebut bisa menambah kemewahan dan keanggunan.

5. Gunakan Hiasan Cermin

Rumah atau tempat tinggal klasik memiliki ciri khas pada furniture – furniture-nya yang mencolok dan berkilau.

Salah satu barang yang tidak boleh dilupakan adalah cermin. Kalian bisa menaruh cermin ini disalah satu sudut ruangan, biasanya juga cermin yang digunakan berbahan stainless steel dan warna yang natural.

6. Menggunakan Material Alami

Gaya klasik modern mengambil inspirasi dari desain klasik, seperti gaya victorian, art deco atau bahkan gaya Yunani dan Romawi.

Desain klasik seperti itu dipadukan dengan sentuhan modern dan hasilnya adalah dekorasi khas yang elegan dan canggih.

Bahan alami adalah jembatan antara modern dan klasik. Biasanya bahan-bahan yang digunakan seperti kayu, batu alam, marmer jadi beberapa material yang paling banyak dipakai.

7. Tampilan Lantai Rumah Klasik Modern

Karpet adalah salah satu unsur penting pada desain rumah klasik modern. Pilih karpet dengan warna yang senada dengan dinding atau furnitur yang ada di ruang.

Lakukan hal yang sama ketika menentukan motif karpet. Pilih karpet polos jika dinding atau furnitur sudah bermotif, dan sebaliknya.

Soal material, desain rumah klasik modern bisa menggunakan material apa pun. Namun akan lebih cantik bila Anda menggunakan material alam misalnya lantai marmer dan kayu solid.

8. Pilih Palet Warna Sederhana

Warna adalah bagian yang sangat penting dari suasana desain interior rumah klasik modern.

Anda bisa memadukan warna furnitur, ruang atau dinding. Serta, dekorasi atau lukisan.

Namun, palet desain interior klasik modern yang sempurna harus sesederhana mungkin.

Warna utama dari gaya ini adalah abu - abu, perak, putih dan juga hitam. Demikian juga, sangat cocok dengan warna coklat tua dan biru.

Konsep klasik dan modern bukan berarti membatasi kita dalam berkreasi dengan warna.

Seperti inspirasi di atas yang didominasi dengan warna hijau pada perabotannya, membuat ruangan terlihat lebih berwarna namun tetap terkesan elegan.

Paduan warna hijau dengan abu-abu membuat suasana menjadi lebih tone down. Tak hanya itu, sentuhan aksen keemasan menambah kesan glamor namun tidak terlihat berlebihan.

9. Menggunakan Warna Putih

Takut untuk bermain warna? Tak masalah, cobalah untuk menggunakan dominan warna putih untuk menampilkan kesan modern dan mewah sekaligus.

Ruangan dengan dominasi warna putih mampu menambah kesan lapang dan bersih pada ruangan, seperti contohnya pada desain interior rumah klasik modern yang satu ini.

Mengusung desain klasik modern, dinding eksterior dan interior menggunakan warna cat putih untuk membawa kesan elegan dan abadi.

Dinding putih tersebut menciptakan lingkungan yang sempurna untuk karya seni, dekorasi, cermin, lampu dinding, atau perabotan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan aksen warna emas untuk memperkuat gaya klasiknya.

Putih yang modern serta emas yang klasik, bisa menjadi perpaduan ciamik untuk ruangan.

10. Gaya Desain Interior Eklektik

Ide dasar memadukan gaya desain interior yang terlihat sangat ramping pada desain minimalis dengan gaya klasik yang mengedepankan eleganitas, dikenal sebagai gaya desain interior eklektik.

Model-model furniture, serta elemen dekoratif bergaya klasik, mampu menambah pesona pada interior minimalis. Hasilnya, gaya eklektik ini menciptakan suasana dan menawarkan nuansa ruangan yang ramah serta indah.

Interior minimalis juga adalah soal detail kecil, seperti soal pilihan warna. Warna ruangan yang salah bisa merusak harmoni dan keseimbangan dalam interior minimalis. Oleh sebab itu, detail ini tidak boleh sama sekali Anda abaikan.

Gaya interior minimalis juga terbuka untuk eksperimen kontemporer. Sehingga menghasilkan konsep interior kontemporer yang terinspirasi dari dekorasi bergaya klasik.

Nah, itulah tadi beberapa desain interior rumah klasik modern yang bisa Anda jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #rumah klasik    #rumah modern    #model rumah    #rumah    #rumah minimalis    #interior rumah   

Baca Juga