Penerapan sistem Ganjil-genap di Puncal Bogor (Foto: ANTARA/Arif Firmansyah)

Diberlakukannya Sistem Ganjil-genap di Puncak Bogor Sampai Hari Senin

Wulan | Nasional | 26-02-2022

PARBOABOA, Bogor - Sistem Ganjil-genap sudah diterapkan oleh Satlantas Polres Bogor dari hari jumat sampai hari senin mendatang dan akan berlaku selama 24 jam.

Diketahui, terdapat 6 titik pemeriksaan Ganjil-genap menuju arah Puncak Bogor. Diantaranya adalah Belanova, Rainbow Hills, Cibanon, Bendungan, Simpang Gadog dan Pasir Angin.

Sistem Ganjil-genap kali ini berbeda dari yang sebelumnya. Pada periode Nataru 2022, Ganjil-genap diberlakukan selama 24 jam non-stop untuk mencegah terjadinya kerumunan dan lonjakan kendarakan di lokasi wisata.

“Jadi, sedang kita uji coba penyekatan dan pemeriksaan pelat nomor kendaraan (ganjil genap) selama 24 jam,” ucap Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata.

Sebelumnya, volume kendaraan yang mengarah ke Puncak hari ini meningkat 20 persen dibanding akhir pekan sebelumnya. Dalam hal ini, Satlantas pun akan menerapkan one way di Jl Raya Puncak.

"Peningkatan ada. Makanya kan minggu kemarin biasanya kita tidak melaksanakan one way ke arah atas, tadi kita sempat laksanakan. Dibandingkan dengan minggu kemarin sekitar 20 persenan lah," ujarnya.

Tak hanya untuk mengantisipasi kepadatan, sistem ganjil genap ini juga dilakukan karena masih dalam rangka pembatasan 50 persen di kawasan Puncak.

Oleh karena itu, masyarakat yang akan melintasi kawasan Puncak diminta untuk memperhatikan plat nomor kendaraannya. Apabila saat pemeriksaan plat tidak sesuai dengan sistem Ganjil-genap, maka para petugas akan langsung menyuruh putar balik kendaraan mereka.

Tag : #Bogor    #Puncak Bogor    #Ganjil-genap    #Nasional   

Baca Juga