Sejumlah pelajar SMA di Pematang Siantar kedapatan bolos sekolah (dok Mistar.id)

Disdik Pematang Siantar Amankan 18 Pelajar Bolos Sekolah di Pasar Horas dan Warnet

Rini | Daerah | 27-07-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar - Dinas Pendidikan dan Satpol PP Kota Pematang Siantar menertibkan sejumlah pelajar yang kedapatan nongkrong di lantai 3 Pasar Horas dan warung internet (warnet) di Jalan Kartini, saat jam belajar, Rabu (27/7).

Ketua Tim Patroli Sekolah Dinas Pendidikan Pematang Siantar, Abdul Rasyid mengatakan, saat melakukan razia di Lantai 3 Pasar Horas, pihaknya menemukan sejumlah siswa SMA sedang bermain bilyar. Namun, saat melihat petugas datang, beberapa siswa langsung kabur. Hanya 7 diantaranya yang berhasil diamankan.

"Iya tadi ada kita melakukan razia di Pasar Horas lantai 3. Saat kita melakukan razia ada banyak pelajar yang bermain bilyar ditempat tersebut. Namun mereka berhasil kabur. Sehingga kita hanya dapat mengamankan 7 orang pelajar SMA," terang Abdul Rasyid, Rabu (27/7).

Selain di Pasar Horas, Disdik juga melakukan razia di salah satu warnet yang terletak di Jalan Kartini. Dalam razia ini, 11 orang berhasil terjaring.

Seluruh siswa yang berhasil ditangkap ini kemudian diserahkan ke Pihak Satpol PP Pematang Siantar, agar mereka mendapat pembinaan. Selain itu, pihak Satpol PP juga melakukan pemanggilan kepada orang tua dan pihak sekolah dari siswa tersebut.

"Jadi para pelajar SMA ini kita serahkan ke Satpol PP untuk dilakukan pembinaan dan memanggil orangtua serta pemanggilan kepala sekolah masing-masing sekolah, sebagian kita bina di Dinas. Kita juga tadi mengamankan dua orang pelajar wanita,"ujarnya.

Selain pembinaan, para siswa membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan yang akan ditandatangani para siswa yang bolos ini dan diketahui pihak sekolah dan orang tua atau wali yang bersangkutan.

Setelah menerima pembinaan, para siswa akan dipulangkan dan tidak ditahan.

Tag : #dinas pendidikan    #pelajar    #daerah    #siswa bolos sekolah    #pasar horas    #warung internet   

Baca Juga