Tim Evos Sports di acara ESL Clash of Nation

Evos Sport Indonesia Masuk 3 Besar Organisasi E-Sports Terpopuler di Dunia

wanovy | Teknologi | 14-08-2021

Evos Sports asal Indonesia dinobatkan sebagai organisasi e-sports terpopuler ketiga di dunia oleh situs situs web statistik untuk kompetisi e-sports global, Escharts.

Menurut statistik escharts.com dilansir dari Esports.ID, EVOS menduduki peringkat tiga tim e-sports yang paling banyak ditonton di dunia pada bulan April hingga Juni 2021.

Dalam kurun waktu tiga bulan itu, EVOS Esports bertanding sebanyak 46 kali dan mampu menyedot hingga puluhan juta penonton tepatnya 31 juta penonton.

Tim yang memiliki julukan Macan Putih tersebut diketahui memang aktif mengikuti beberapa turnamen besar di kuartal kedua 2021, terutama divisi mobile mereka seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Di atas Evos Esports, ada organisasi e-sports raksasa asal Amerika Serikat, Team Liquid yang berhasil mendapatkan 32,85 juta hours watched., diikuti dengan organisasi e-sports asal Korea Selatan, DWG.KIA dengan 31,26 juta hours watched.

Team Liquid sendiri menduduki posisi pertama karena organisasi e-sports tersebut memiliki banyak divisi di beberapa game, seperti StarCraft 2, League of Legends, Hearthstone, Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive, dan masih banyak lagi.

Hal ini berbeda dengan organisasi e-sports DWG.KIA dan Evos Esports yang bisa dibilang memiliki fokus di satu game saja, yaitu lewat League of Legends (DWG.KIA) dan Mobile Legends (Evos Esports).

Masing-masing dari dua organisasi e-sports tersebut sebenarnya memiliki divisi lain, misalnya untuk game PUBG Mobile, namun namanya tidak sebesar divisi tim yang fokus di game ber-genre multiplayer online battle arena (MOBA).

Organisasi e-sports terbesar keempat dan kelima di dunia pada kuartal-II 2021 masing-masing adalah juara kompetisi Mobile Legends South East Asia Cup (MSC) 2021, Execration dengan 29 juta hours watched, dan G2 Esports dengan 25,4 juta hours watched.

Perlu dicatat, statistik Escharts ini tidak memasukkan angka hours watched pada pertandingan live stream dari game battle royale macam PUBG Mobile atau Call of Duty Mobile.

Namun, penonton yang berasal dari platform streaming asal China juga tidak diikutsertakan dalam penghitungan jumlah jam tontonan.


Tag : teknologi

Berita Terkait