Ilustrasi

Facebook Kini Hadirkan Fitur Belanja Lewat Grup

Wanovy | Teknologi | 15-11-2021

Salah satu sosial media terpopuler Facebook semakin fokus untuk mengembangkan fitur belanja di platform-nya. Baru-baru ini, Facebook meluncurkan beberapa fitur baru, yakni Shops in Grup (belanja di dalam grup), rekomendasi produk, dan Live Shopping bagi para kreator.

Fitur Shops sendiri memungkinkan penggunanya menjual dan mempromosikan bisnis yang dilakoni lewat halaman Facebook dan Instagram.

Fitur ini diberikan kepada toko online yang memiliki akun di Facebook dan Instagram, sebelum memberikan akses Shops, tim Facebook akan memverifikasi terlebih dulu informasi mengenai toko tersebut.

Shops in Group sendiri memungkinkan admin grup Facebook mengelola toko online yang ada di laman Facebook yang mereka ikuti. Admin grup Facebook bebas menentukan bagaimana ia mengelola keuntungan yang didapat dari fitur belanja di dalam grup.

Dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (13/11/2021), sebuah laman grup Facebook yang bergerak di bidang edukasi mengenai gurita bernama OctoNation, menyebut bahwa keuntungan penjualan diberikan ke halaman grup Facebook. Hal itu berdasarkan pengalaman mereka yang sudah menguji coba fitur ini lebih dulu.

Wakil Presiden Manajemen Produk Meta -nama baru Facebook-, Yulie Kwon Kim, mengatakan bahwa kebanyakan, admin grup Facebook merupakan sukarelawan. Untuk itu, fitur belanja dalam grup bisa menjadi saluran pundi-pundi bagi grup tersebut.

"Uangnya akan diberikan ke admin grup dan mereka bisa menentukan bagaimana mereka menggunakannya," jelas Kim kepada Tech Crunch.

"Ini adalah cara yang bagus bagi orang-orang untuk mempertahankan dan menjaga grup agar tetap hidup," imbuhnya.

Sebelumnya dalam acara Facebook Communities Summit, Facebook pernah mengungkap rencananya untuk memberikan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memonetisasi grup. Fitur-fitur itu di antaranya adalah Shops, penggalangan dana, dan berlangganan.

Facebook juga mengklaim banyak pengguna yang meminta fitur rekomendasi produk, akhirnya Facebook mengabulkan fitur tersebut.

Cara kerja fitur tersebut adalah, ketika ada pengguna yang menyebut nama sebuah produk yang terdaftar di fitur belanja Facebook, mereka bisa menge-tag atau menyematkannya di komentar. Nantinya, rekomendasi produk unggulan dari grup akan muncul di lini masa.

Tag : #facebook    #shops    #belanja online    #live    #grup    #fitur baru    #meta   

Baca Juga