Dirut Pertamina Nicke Widyawati (dok Okezone)

Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk Jajaran Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Rini | Hiburan | 09-12-2021

PARBOABOA, Jakarta - Majalah Forbes merilis Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2021 pada Selasa (7/12). Dua wanita Indonesia berhasil masuk dalam daftar tersebut yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Mengutip dari Forbes, Sri Mulyani mengisi peringkat ke 66, peringkat ini meningkat dari tahun sebelumnya berada diperingkat ke-78. Sedangkan Nicke menduduki peringkat 27 atau turun dua peringkat dari tahun sebelumnya menduduki peringkat ke-25.

Adapun wanita yang berhasil mengisi posisi puncak dalam dalam daftar tahun ini ditempati mantan istri Jeff Bezos, yakni miliuner dan filantropis MacKenzie Scott. Lalu peringkat ke-2 diduduki oleh Wakil Presiden AS Kamala Harris, dan peringkat ke-3 Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde.

Kemudian, Mary Barra yang merupakam CEO General Motors (GM) mengisi peringkat keempat, disusul oleh Melinda French Gates mantan istri Bill Gates yang menempati peringkat dan kelima.

Adapun penyusunan daftar perempuan paling berpengaruh tersebut tidak hanya dinilai dari kesuksesan berupa penghasilan maupun kekuasaan, melainkan jasa hingga peran dalam memimpin sebuah perusahaan atau organisasi.

Secara garis besar, 100 wanita berpengaruh yang masuk dalam daftar ini, berasal dari 30 negara yang bekerja di sektor keuangan, teknologi, politik, filantropi, hiburan dan lainnya. Dalam daftar tersebut terdapat 40 orang wanita yang menjabat sebagai CEO.

Dalam daftar tersebut ahli imunologi Ozlem Tureci mampu menempati posisi ke-48. Ozlem berhasil masuk dalam daftar karena perannya dalam memimpin pengembangan perusahaan vaksin mRNA Covid-19 yang bermitra dengan Pfizer.

Sedangkan Presiden Tanzania yang baru, Samia Salulu Hasan mengisi peringkat ke 94 karena usahanya menerapkan protokol kesehatan di negaranya.

Tag : #sri mulyani    #nicke widyawati    #majalah forbes    #wanita paling berpengaruh    #hiburan   

Baca Juga