Mengenal Friend With Benefits (FWB) (Dok:The Asia Parent)

Friend With Benefits (FWB): Pengertian, Peraturan, Dampak

Ester | Pendidikan | 11-06-2022

PARBOABOA – Salah satu istilah yang sering digunakan oleh banyak anak muda saat ini adalah FWB. Apa itu FWB? Di bawah ini Parboaboa akan menjelaskan pengertian, peraturan, dan dampak dari Friend With Benefits atau FWB.

Di era modern ini, pertemanan dengan lawan jenis sering memberikan kenyamanan tersendiri. Sebab, dengan berteman dengan lawan jenis kita terkadang mendapatkan sudut pandang atau pola pikir yang berbeda dari apa yang kita pikirkan.

Tidak hanya itu, banyak orang yang merasa berteman dengan lawan jenis lebih menarik dibanding dengan berteman sesama jenis. Namun, hubungan pertemanan dengan lawan jenis ini terkadang memberikan dampak atau pengalaman di luar batas pertemanan yang normal.

Hal inilah yang memunculkan fenomena baru yakni Friend With Benefits atau yang akrab disebut sebagai FWB. Biasanya, fenomena ini hanya umum terjadi di luar negeri karena sudah diadaptasi oleh berbagai negara. Selain itu, adat negara luar juga mendukung tentang fenomena FWB ini.

Akan tetapi, di Indonesia sendiri sudah banyak sekali orang terlebih anak muda yang menerapkan fenomena ini. Bahkan, ada yang membuka terang-terangan bahwa mereka terlibat dalam hubungan FWB. Meskipun demikian, FWB tetap memiliki aturannya tersendiri. Tidak hanya aturan, FWB juga memiliki dampak dan resiko yang serius jika terjadi secara berlebihan.

Untuk mengetahui semua hal itu, simak ulasan kami di bawah ini.

Pengertian FWB

Friend With Benefits atau FWB adalah hubungan antara pria dan wanita yang awalnya muncul dari hubungan perteman dan merambah ke aktivitas seksual. Dalam kata lain, FWB merupakan hubungan yang dijalankan oleh pria dan wanita tanpa adanya ikatan sama sekali.

Fenomena ini sering terjadi karena adanya perasaan atau ikatan emosional dari lingkungan sekitar, sehingga membutuhkan pelampiasan sesaat.

Hal ini tentu cukup disenangi banyak orang karena baik pria dan wanita tidak perlu saling terikat dan tidak akan meninggalkan perasaan sakit hati di dalam hubungan FWB ini. Meskipun tidak terikat, namun FWB tetap memiliki peraturan tersendiri yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Memahami Apa Itu Physical Touch Beserta Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Peraturan FWB

1. Wajib Menjaga Emosi

Setelah mengetahui apa arti FWB, kalian perlu mengetahui peraturan-peraturan yang ada di dalamnya. Yang pertama adalah, setiap hubungan harus saling menjaga emosinya.

Tentu saja peraturan ini sangat penting mengingat hubungan FWB tidak memiliki ikatan sama sekali. Jadi, FWB tentu tidak akan melibatkan perasaan yang mendalam atau berubah menjadi rasa suka kepada FWB-an.

2. Bersikap Jujur

Selanjutnya adalah memiliki kejujuran dalam hubungan. Dalam FWB, setiap pasangan perlu bersikap jujur terhadap satu sama lain untuk menghindari kebingungan atau ketidakjelasan. Kedua belah pihak dapat menyamakan tujuan agar kesenangan dalan FWB dapat terjadi secara maksimal.

Tidak hanya itu, dengan bersikap jujur juga kedua belah pihak tidak akan merasa salah paham akan hubungan yang terjadi. Jadi, perasaan dari salah satu pihak tidak akan rusak karena sudah ada kejujuran di awal.

3. Tidak Memikirkan Masa Depan

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, FWB dilakukan tanpa adanya ikatan sama sekali. Jadi, kedua belah pihak diharapkan tidak mendasari apapun dalam hubungan FWB seperti rencana menikah, memiliki anak, atau meletakkan perasaan sautu sama lain.

Namun hal itu dapat dilakukan jika memang kedua belah pihak setuju ingin melakukannya. Akan tetapi, kembali kepada poin sebelumnya dimana kejujuran dibutuhkan untuk mendapatkan tujuan yang sama dalam hubungan ini.

4. Menggunakan Pengaman

Di dalam poin sebelumnya telah disebutkan untuk tidak memiliki anak dalam hubungan. Untuk itu, kamu memerlukan pengaman saat melakuakn aktivitas seksual agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Dengan begitu, tujuan kedua belah pihak akan aman dan lebih terjamin.

Dampak dari FWB

Setelah mengetahui apa aja peraturan yang perlu dilakukan dalam FWB, selanjutnya adalah dampak dari melakukan FWB. Seperti yang sudah dijelaskan, FWB adalah hubungan tanpa ikatan dimana fenomena ini dapat terjadi lebih dari 1 orang.

Misalnya, satu pria melakukan hubungan FWB kepada 2-3 wanita atau sebaliknya. Hal itu tentu akan sangat berdampak dan memilik resiko tersendiri kepada orang-orang yang menjalani hubungan FWB. Apalagi jika tidak mengikuti peraturan FWB yang sudah ditetapkan oleh setiap belah pihak.

Apa saja dampak dari FWB ini? Berikut kami berikan penjelasannya.

6 Dampak FWB

  • Terkena Seks Bebas
  • Beresiko terkena HIV
  • Timbulnya perasaan
  • Tidak memakai pengaman hingga memiliki keturunan
  • Jika salah satu pihak FWB memiliki pasangan, maka pasangan dapat cemburu
  • Menyebabkan trauma mendalam jika salah satu pihak sudah sadar

Nah, itulah pengertian, peraturan, dan dampak dari FWB-an. Semoga ulasan kami dapat menjawab pertanyaan mengenai apa itu FWB. Satu hal yang perlu diingat, FWB tidak selamanya merujuk ke hal seksualitas, beberapa FWB ada yang kearah positif. Contohnya adalah, dapat menjadi teman curhat, belajar bersama, dan lain sebagainya.

Tag : #fwb    #friend with benefits    #pendidikan    #pasangan    #seks bebas   

Baca Juga