Gempa Bumi (Antara/Dokumen)

Gempa guncang Maluku Barat Daya M 7,4

Martha | Nasional | 30-12-2021

PARBOABOA, Maluku Barat - Gempa bumi berkuatan M 7,4 mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya pada Kamis (30/12) pukul 03.25 waktu setempat.

Akibat dari bencana alam ini memicu kerusakan setidaknya 12 rumah warga dan dua diantaranya rusak ringan. Hal ini berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Kamis (30/12).

“Rumah yang rusak sebanyak 2 unit dengan rusak ringan. Kerusakan itu berada di Kecamatan Pulau-pulau Terselatan,” kata Abdul Muhari, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

“Sedangkan 10 rumah rusak lainnya dengan rincian 8 unit di Kecamatan Damer dan 2 unit lagi di Kecamatan Letti,” lanjutnya.

Untuk sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun warga yang mengungsi pasca gempa tersebut.

Meskipun demikian, Abdul meminta masyarakat agar tetap waspada dan siap siaga apabila terjadi potensi bahaya gempa maupun tsunami, kerena gempa dapat terjadi kapan saja tanpa ada peringatan.

Adapun analisis dari inaRISK, 17 kecamatan yang ada di Maluku Barat Daya merupakan wilayah berada pada potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi.

Diketahui, bahwa gempa ini berpusat pada 45 km barat laut dengan kedalaman 210 km dan tidak berpotensi tsunami. Masyarakat hanya merasakan guncangan yang kuat. Gempa susulan juga terjadi dengan magnitundo di atas 5,0.

Tag : #gempa bumi    #maluku barat daya    #bnpb   

Baca Juga