Google Pixel 5a 5G

Google Resmi Luncurkan Pixel 5a 5G, HP Tahan Air dengan Harga Murah

wanovy | Teknologi | 18-08-2021

Beberapa bulan belakangan rumor tentang keberadaan ponsel murah terbaru bikinan Google, Pixel 5a banyak beredar di dunia maya. Awalnya, ponsel tersebut dikabarkan meluncur Mei 2021 berbarengan dengan ajang Google I/O 2021.

Namun, prediksi tersebut tidak terbukti. Google tidak memperkenalkan Pixel 5a dalam ajang tahunan tersebut.

Smartphone ini meluncur sebagai HP 5G murah yang mengandalkan baterai besar dan sudah anti air.

Ponsel pintar terbaru dari Google ini menjadi suksesor dari Pixel 4a 5G yang meluncur tahun lalu. Desainnya pun terlihat serupa dan masih menggunakan material logam.

Menariknya, Google telah menyertakan sertifikasi IP67, yang membuat smartphone ini terjamin sudah anti terhadap air dan juga debu.

Dengan sertifikasi tersebut, ponsel ini diklaim mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Peringkat IP67 itu sendiri merupakan standar internasional dalam menentukan kualitas sebuah produk dari aspek ketahanan perangkat terhadap air dan debu.

Terkait spesifikasi, Pixel 5a 5G mengusung layar OLED berdiagonal 6,34 inci (1.080 x 2.400 piksel) dengan dukungan refresh rate 60Hz.

Pada bagian pojok kiri atas layar terdapat punch-hole alias lubang yang memuat kamera selfie beresolusi 8 MP (f/2.0).

Sementara untuk bagian fotografi dipercayakan pada dua kamera yang terpasang di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 13MP dan kamera ultrawide 16MP.

Meski memiliki desain yang nyaris serupa dengan Pixel 4a 5G, namun perbedaan paling kentara terlihat dari kapasitas baterainya.

Pixel 5a 5G ditopang oleh baterai berkapasitas 4.680 mAh, dimana kapasitas tersebut jauh lebih besar dibanding dengan perangkat Pixel sebelumnya.

Baterai tersebut juga didukung teknologi fast charging 18W. Namun, Google tidak menyertakan dukungan pengisian daya secara wireless.

Dari sektor dapur pacu, Google mempercayakan kinerja dari chipset Qualcomm Snapdragon 765G (7nm), yang dikombinasikan dengan RAM 6 GB LPDDR4X dan memori penyimpanan 128 GB

Sebagai informasi, chipset yang digunakan masih sama dengan Pixel 4a 5G. Google sendiri masih mempertahankan prosesor Snapdragon 765G.

Selain itu, ponsel ini juga sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11. Google berjanji akan memberikan pembaruan software Android selama tiga tahun ke depan.

Perangkat ini hadir dengan satu varian saja yaitu warna Mostly Black, yang terlihat seperti hijau gelap. Pada bagian tombol mendapat sentuhan warna hijau zaitun.

Meski hanya punya satu varian warna, namun Google memberikan empat pilihan casing berbeda, yakni Maybe Moon, Partially Pink, Black Moss, dan Likely Lime.

Untuk harga, Google membanderol Pixel 5a 5G dengan harga 449 dollar AS atau sekitar Rp 6,4 juta, lebih murah dibanding harga Pixel 4a 5G saat peluncuran, yang kala itu dipatok 499 dollar AS atau sekitar Rp 7,1 juta.

Saat ini, Pixel 5a 5G baru akan dijual di pasar Amerika Serikat dan Jepang pada 26 Agustus 2021 mendatang. Belum diketahui apakah ponsel anyar ini akan dipasarkan secara global atau tidak, kita tunggu saja.

Tag : #teknologi   

Baca Juga