Ilustrasi Habitat (Foto: www.britannica.com)

Habitat : Pengertian, Komponen dan Ciri Ciri Khusus

Patrick | Pendidikan | 30-09-2022

PARBOABOA - Tempat bertemunya berbagai macam kondisi lingkungan terutama bagi mahluk hidup merupakan sebutan dari apa itu habitat. Istilah ini juga sering diartikan sebagai sumber daya serta kondisi yang terdapat pada suatu kawasan atau wilayah yang ditempati oleh suatu spesies.

Habitat dijadikan sebagai tempat tinggal dan penyesuaian diri suatu organisme, hanya makhluk yang mampu beradaptasi dengan lingkungan hidupnya yang bisa tinggal di habitat tersebut.

Pengertian Habitat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), habitat adalah sebagai tempat hidup organisme tertentu, tempat hidup yang alami bagi tumbuhan dan hewan atau lingkungan kehidupan asli.

Secara umum habitat dapat diartikan sebagai tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya secara normal.

Habitat untuk hewan, artinya tempat hewan untuk mencari makanan dan menemukan pasangan untuk berkembang biak. Habitat untuk tumbuhan, artinya tempat untuk tumbuhan yang mampu menyediakan cahaya, udahara, air dan tanah yang subur.

Komponen Habitat

Komponen habitat artinya bagian dari keseluruhan yang membentuk suatu kesatuan dalam sebuah habitat. Dua spesies berbeda dalam satu habitat akan berkompetisi apabila memiliki kebutuhan yang sama.

Secara khusus, penyebab adanya kompetisi yang lain adalah adanya ketebatasan sumber daya, adanya kesamaan jenis makanan, adanya peningkatan laju pertumbuhan populasi. Berikut ini adalah komponen habitat:

1. Ruang

Ruang berfungsi untuk menampung semua makhluk yang akan tinggal dalam sebuah habitat. Setiap makhluk hidup akan membutuhkan ukuran ruang yang berbeda agar bisa tumbuh dan berkembang.

2. Makanan

Makanan merupakan komponen habitat yang paling penting. Kertersediaan makanan dalam sebuah habitat akan memengaruhi  keberlangsungan hidup makhluk yang tingga di dalamnya.

Hal ini bisa juga dikaitkan dengan rantai makanan. Setiap individu yang terdapat dalam sebuah habitat akan memakan dan dimakan. Jika tidak terdapat produsen dalam sebuah habitat maka, konsumen juga akan ikut menghilang.

3. Air

Air sama pentingnya bagi kehidupan. Setiap habitat perlu suplai air yang memadai. Namun, kebutuhan air setiap makhluk hidup berbeda sesuai dengan habitatnya.

4. Tempat Berlindung

Tempat berlindung bagi makhluk hidup berfungsi untuk melindungi mereka dari pemangsa dan cuaca. Bentuk tempat berlindung ini ada banyak, misalnya pohon, di bawah bebatuan, dan tempat lainnya sesuai kebutuhan masing-masing makhluk hidup.

Komponen habitat berpengaruh besar pada kompetisi yang terjadi antara dua spesies dan akan berpengaruh pada kemampuan individu untuk bertahan hidup dan bereproduksi.

Ciri Ciri Khusus dan Habitat Asli

Setiap indvidu atau makhluk hidup akan memiliki ciri ciri khusus dan habitat asli yang ditempatinya. Berikut ini beberapa contoh ciri-ciri khusus dan habitat makhluk hidup yang tinggal dalam suatu lingkungan.

Pohon, bertumbuh dan berkembang dengan bantuan sinar matahari, air dan tanah yang memiliki ciri habitat seperti hutan, padang rumput, pegunungan, dan beberapa lingkungan buatan seperti taman, pekarangan rumah.

Bebek, berkembang biak dengan cara bertelur, berbulu, memiliki paruh dan memiliki sayap serta termasuk golongan unggas memiliki ciri ciri habitat seperti di danau, hutan, dan lingkungan buatan seperti kolam dan sawah.

Ikan, jenis hewan ini ada yang memiliki sisik dan ada yang tidak, memiliki sirip dan bernafas menggunakan insang memiliki ciri habitat asli seperti danau, sungai, laut  dan lingkungan buatan seperti kolam.

Singa, berkembang biak dengan cara melahirkan, berbulu, memiliki taring yang tajam, berbadan besar dan termasuk golongan mamalia memiliki ciri habitat seperti di padang rumput, hutan gersang dan lain sebagainya.

 

Tag : #habitat    #makhluk hidup    #pendidikan    #lingkungan    #tempat tinggal    #hewan    #tumbuhan   

Baca Juga