Ruam kemerahan pada penderita campak (dok Istimewa)

Hal-hal yang Dapat Dilakukan Untuk Mempercepat Penyembuhan Campak

Rini | Kesehatan | 12-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Campak merupakan penyakit yang timbul akibat inveksi virus rubeola dari keluarga paramyxovirus di sistem pernapasan, yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit ini menular dengan sangat cepat, baik melalui sentuhan langsung dengan orang yang terinfeksi, tak sengaja menyentuh liur penderita saat batuk atau bersin, bahkan dapat juga menular melalui udara.

Setelah menginfeksi seseorang, penyakit campak ini awalnya akan menyebabkan demam tinggi, batuk, bersin, sakit tenggorokan, dan setelah beberapa hari di seluruh tubuh penderitanya akan muncul ruam kemerahan.

Untuk pencegahan campak ini sebenarnya sudah ditemukan vaksin yang disuntikkan kepada anak-anak saat masa imunisasi. Campak termasuk penyakit yang hanya dapat menyerang seseorang sekali saja, karena setelah terkena campak tubuh akan menimbulkan antibodi yang akan mencegah infeksi di kemudian hari. Selain itu, campak juga termasuk dalam penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan campak yaitu:

1. Mandi menggunakan air hangat

Kebanyakan orang tua yang anaknya sedang terkena campak, pasti melarang penderita untuk mandi karena khawatir akan memperburuk kondisi campak anak tersebut. Namun hal tersebut tidaklah benar, penderita yang tekena campak boleh saja untuk mandi agar kebersihan tubuh tetap terjaga, akan tetapi dianjurkan untuk mandi menggunakan air hangat, sebaiknya hindari menggunakan air dingin.

2. Menggunakan pakaian tipis

Penderita campak umumnya akan mengalami demam tinggi, namun usahakan agar tidak menggunakan pakaian yang tebal. Menggunakan pakaian yang tebal hanya akan membuat kondisi tubuh semakin tidak nyaman. Sehingga disarankan agar penderita campak tersebut menggunakan pakaian yang nyaman dan tipis, sebaiknya juga gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan cepat untuk mengurangi rasa gatal yang timbul akibat campak.

3. Konsumsi air yang cukup

Mengkonsumsi air putih yang cukup harus selalu dilakukan, demikian juga saat terkena campak. Penderitanya harus rutin minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik, karena apabila terjadi dehidrasi maka rasa gatal yang timbul akibat campak ini akan semakin parah.

4. Hindari mengkonsumsi makanan asin dan makanan yang digoreng

Selanjutnya, bagi penderita campak adalah terkait makanan yang asin dan gorengan harus dihindari karena makanan yang bergaram tinggi dan digoreng bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Kandungan garam yang tinggi juga bisa merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh, sehingga membuat masa inkubasi virus campak semakin lama berada di tubuh.

Penderita campak sebaiknya mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin seperti buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dan vitamin A yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Jangan menggaruk bagian yang gatal

Ruam kemerahan akibat campak ini memunculkan rasa gatal, namun penderita diharapkan untuk tidak menggaruk karena dapat menyebabkan kulit terluka dan iritasi.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memepercepat penyembuhan campak. Seperti yang sudah disebutkan campak tergolong penyakit yang mudah menular, sehingga penderita diharapkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan orang disekitar agar tidak terjadi penularan.

Tag : #campak    #penyakit    #gaya hidup sehat    #kesehatan   

Baca Juga