Ilustrasi

Harga Kripto Masih Anjlok, Ethereum Jatuh Paling Dalam

Wanovy | Teknologi | 24-09-2021

Harga mata uang kripto atau crypto currency seperti Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll melanjutkan tren turun hingga Selasa 21 September 2021 siang. Apa penyebab harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll turun? Apakah penurunan harga mata uang kripto tersebut akan terus berlanjut?

Berdasarkan coinmarketcap.com, tercatat harga bitcoin melemah 0,08 persen menjadi US$41.713 per keping. Namun, nilai kapitalisasi uang kripto yang satu ini tetap menjadi yang tertinggi di pasar, yaitu mencapai US$770,23 miliar.

Pelemahan juga terjadi pada Binance coin (BNB), harganya turun 0,37 persen menjadi US$351,9 per keping. Begitu pula dengan Ripple (XRP) yang jatuh 0,77 persen menjadi US$0,088 per keping dan Ethereum (ETH) anjlok hingga 1,96 persen menjadi US$2.834 per keping.

Hal yang sama juga terjadi pada polkadot (DOT) yang turun 1,51 persen menjadi US$27,1 per keping dan stellar minus 1,5 persen menjadi US$0,26 per keping.

Meski begitu, beberapa uang kripto lain berada di zona hijau. Misalnya, Tether (USDT) menguat tipis 0,01 persen ke US$1 per keping, Dogecoin (DOGE) melejit 1,55 persen ke US$0,2 per keping, dan Bitcoin SV (BSV) yang naik 8,43 persen ke US$144,5 per keping.

Saat ini, aset kripto diregulasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Sebagai informasi, di Indonesia, aset kripto masih dilarang sebagai alat bayar. Namun, kripto menjadi komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Meski bitcoin kerap disebut sebagai aset safe haven (aset yang bisa mempertahankan atau meningkatkan nilainya ketika pasar bergejolak), namun dalam perkembangannya, harga bitcoin cenderung turun seiring dengan kian besarnya penurunan harga aset berisiko lain.

Pasar saham global di sisi lain juga tengah berguguran lantaran kekhawatiran atas guncangan risiko yang disebabkan oleh pasar properti China. Seperti diberitakan sebelumnya, raksasa properti China, Evergrande tengah terlilit utang dalam dalam jumlah yang fantastis.

Lalu, apakah harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll akan terus merosot? Potensi penurunan harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll bisa saja terjadi.

Namun, sebagai aset yang high risk dan high return, harga Bitcoin, Ethereum, Theter, Cardano, Dogecoin dll bisa saja kembali naik sewaktu-waktu.

Tag : #teknologi    #kripto    #bitcoin    #ethereum   

Baca Juga