Bantuan tabung oksigen dari Singapura telah sampai

Indonesia Darurat Covid-19 Beberapa Negara Menyalurkan Bantuan

rini | Internasional | 09-07-2021

Indonesia menjadi negara ke-2 sebagai negara dengan kasus positif harian tertinggi di dunia. Hari ini (8/7) tercatat penambahan 38.391 kasus. Brazil ada di urutan pertama. Dan India di urutan ke-3. 

Beberapa negara telah memberikan bantuan untuk Indonesia. Seperti Singapura yang hari ini mengirimkan 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter, 200 ventilator, masker, sarung tangan, alat kesehatan lainnya.

"Dukungan tersebut dikirim melalui jalur udara dan akan terdapat beberapa dukungan yang akan dikirim melalui jalur laut," Dikutip dari laman resmi Kementrian Luar Negeri, Jumat (9/7/2021)

Kedatangan alat-alat bantuan tersebut bersamaan dengan pembelian alat kesehatan lainnya dari Singapura yang dilakukan Indonesia. Tiba di Indonesia dibawa menggunakan dua pesawat Singapore Air Force C130 telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Jumat (9/7), untuk selanjutnya dilakukan serah terima perwakilan dari Pemerintah Singapura kepada Pemerintah Indonesia.

Hari ini juga, Australia telah mengirimkan 1000 ventilator. Pemerintah Australia juga akan mengirim 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca, alat uji medis dan ventilator sebagai bagian dari paket bantuan terkait perlengkapan oksigen bernilai $12 juta, yang telah diumumkan pemerintah Rabu lalu (7/7).

Dukungan kerja sama dari negara lain juga ditawarkan kepada Indonesia, antara lain dari Amerika Serikat, Belanda, Australia, Jepang, Inggris, Singapura, UAE, India, dan China. 

Menurut Kementrian Luar Negeri Indonesia, dukungan kerja sama yang ditawarkan antara lain berupa vaksin, obat-obatan maupun alat kesehatan lainnya. Indonesia mengapresiasi tawaran dukungan kerjasama tersebut," ungkapnya,dalam siaran pers yang diterima Sindonews pada Jumat (9/7/2021).

Indonesia mengapresiasi tawaran dukungan kerja sama tersebut. Dukungan kerja sama ini sebagai bagian dari upaya keluar dari krisis pandemi COVID-19.


Tag : #kesehatan   

Baca Juga