Pre-order iPhone 13 series di Indonesia bisa dilakukan pada 12 November 2021 mendatang.

Siapkan Budget, Ini Tanggal Resmi Pre-Order iPhone 13 Series di Indonesia

Wanovy | Teknologi | 28-10-2021

iPhone 13 Series mulai dapat dibeli konsumen di Indonesia lewat pre-order pada 12 November 2021 mendatang, sebagaimana menurut keterangan iBox. Meski demikian, hingga saat ini belum jelas kapan penjualan offline seri iPhone terbaru dari Apple tersebut bakal digelar di Indonesia.

Informasi tersebut diungkap akun Instagram @iboxindonesia dan @digimap_id. "Pre-Order Dimulai Pada 12 November 2021, Pukul 00.01 WIB," tulis kedua akun tersebut.

Namun keduanya tidak menginformasikan kapan iPhone 13 series mulai dijual. Tapi biasanya pre-order digelar selama seminggu, artinya Apple mulai menjual ponsel barunya di Indonesia pada 19 November 2021. Perkiraan ini sesuai dengan romor yang sebelumnya beredar.

"Pre-order dimulai pada 12 November 2021, pukul 00.01 WIB," demikian keterangan Digimap di Instagram. Sayangnya, Digimap belum mengumumkan berapa harga masing-masing iPhone 13.

Adapun pemesanan iPhone 13 series bisa dilakukan secara online di situs resmi Ibox.co.id dan e-commerce rekanan iBox, serta digimap.co.id berikut e-commerce rekanan Digimap. Pemesanan juga bisa dilakukan secara offline di gerai fisik iBox dan Digimap yang tersebar di Indonesia.

Dalam unggahannya, Digimap menyebut, ada empat mode iPhone 13 bakal hadir di Tanah Air, yakni iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

iPhone 13 Mini merupakan perangkat iPhone terkecil dari tiga varian lainnya dengan layar 5,4 inci. Sementara layar iPhone 13 berukuran 6,1 inci, iPhone 13 Pro 6,1 inci, dan iPhone 13 Pro Max 6,7 inci jadi yang terbesar. Semuanya sudah menggunakan panel OLED, serta mendukung refresh rate 120 Hz untuk varian iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Spesifikasi kamera masing-masing pun berbeda, iPhone 13 mini dan iPhone 13 menggunakan kamera belakang ganda yang masing-masing berukuran 12 MP, baik sensor wide dengan bukaan lensa f/1.6 dan sensor ultra-wide dengan bukaan lensa f/2.4 dan bidang pandang (field of view) 120 derajat.

Kedua kamera belakangnya kini terdapat teknologi iPhone 12 Pro Max, yakni Sensor-shift OIS. Fitur ini mampu menstabilkan sensor, alih-alih lensa, sehingga bidikan gambar lebih stabil.

Sedangkan model lebih mahal, iPhone 13 Pro mendapatkan tiga kamera masing-masing beresolusi 12 MP, baik lensa wide, ultra-wide, dan telephoto. Kamera wide dan ultra-wide memiliki bukaan lensa yang lebih besar dibanding pendahulunya, masing-masing f/1.5 dan f/1.8, sementara kamera telephoto-nya punya kemampuan zoom lebih baik hingga 6x optical zoom.

Sementara iPhone 13 Pro Max memiliki kamera yang sama dengan 12 Pro, tetapi ditambah sensor kedalaman LIDAR untuk maksimalkan pengalaman AR (Augmented reality). Baik iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga punya fitur Sensor-shift OIS.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan Cinematic Mode, fitur video terbaru di kamera depan dan belakang iPhone 13. Mode ini akan secara otomatis mengalihkan fokusnya secara real-time saat rekaman berjalan.

Apple juga menyematkan chipset baru A15 Bionic yang memiliki performa lebih baik dari generasi sebelumnya.

Apple A154 Bionic masih menggunakan fabrikasi 5 nm dengan enam inti (core) pemrosesan, yang terdiri dari dua CPU berkinerja tinggi, dan empat CPU hemat daya.

Apple A15 Bionic ditopang dengan pengolahan grafis GPU empat inti, yang performanya diklaim 30 persen lebih baik dibandingkan A14 Bionic. Prosesor ini juga disematkan modem yang mendukung jaringan internet masa depan 5G. Semua varian iPhone 13 telah dibekali modem 5G untuk mendukung konektivitas internetnya.

Kendati begitu, baik iBox dan Digimap belum mengungkap harga dari iPhone 13 series ini di Indonesia. Untuk itu, pecinta Apple yang mau ikut pre-order iPhone 13 bisa mulai menyiapkan budget-nya dari sekarang.

Tag : teknologi, gadget, iphone13, apple

Berita Terkait