Ilustrasi, foto: Omar Gamboa

Instagram Uji Coba Fitur Pin di Postingan Feed

Wanovy | Teknologi | 30-04-2022

PARBOABOA - Instagram tengah menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna menyematkan unggahan tertentu ke profil mereka di media sosial ini.

Media sosial ciptaan Kevin Systrom itu menyatakan karena masih dalam tahap pengujian, unggahan itu baru muncul bagi pengguna tertentu di platform.

Nantinya, pengguna yang punya akses ke fitur tersebut akan melihat opsi "Sematkan ke profil Anda" yang bisa dipilih pengguna dari menu di samping unggahan.

"Kami tegah menguji fitur baru yang memungkinkan orang menampilkan unggahan di profil mereka," jelas Juru Bicara Meta kepada TechCrunch yang dikutip pada awal pekan ini.

Pengguna yang sudah bisa mengakses fitur ini akan melihat opsi 'Pin to your profile' saat membuka menu tiga titik yang berada di samping postingan. Jika dipilih, postingan yang di-pin akan tampil di bagian grid profil paling atas.

Sepertinya Instagram sudah mengembangkan fitur ini dalam beberapa bulan terakhir, mengingat reverse engineer Alessandro Paluzzi sudah menemukannya pada bulan Januari lalu.

Lalu sebulan kemudian, Paluzzi mengungkap bahwa pengguna Instagram akan bisa mem-pin hingga tiga postingan di profilnya.

Opsi untuk mem-pin postingan spesifik di profil tentu akan sangat berguna bagi pengguna yang ingin memamerkan postingan favoritnya yang posisinya mungkin sudah tenggelam di grid.

Begitu juga bagi kreator yang sering mengunggah konten tapi ingin menyorot satu postingan spesifik.

Saat ini pengguna Instagram memiliki opsi untuk mem-pin Stories di profilnya menggunakan fitur Highlight, tapi fitur baru ini akan memperluas kemampuan tersebut ke postingan di feed.

Beberapa media sosial lain sudah memiliki fitur serupa, seperti Twitter dengan fitur 'Pin to your profile' yang memungkinkan pengguna menempatkan salah satu cuitannya di profil bagian teratas.

Uji coba fitur baru ini datang tidak lama setelah Instagram mengumumkan sedang menguji coba fitur baru bernama Templates.

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat konten Reels dengan mudah dengan menggunakan format video yang sudah ada.

Dengan perubahan ini, beberapa pengguna sekarang hanya akan melihat tab "Atas" dan "Reels" di halaman tagar.

Perubahan tersebut bisa dilihat sebagai cara bagi Instagram untuk mempromosikan Reels.

Instagram juga sedang menguji fitur baru yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan dan mendukung tujuan sosial secara langsung melalui tagar.

Saat pengguna mencari tagar tertentu yang terkait dengan gerakan sosial tertentu, mereka punya opsi untuk mendukung.

Perusahaan meluncurkan fitur baru untuk memilih tagar yang berfokus pada gerakan populer di Instagram, termasuk #BlackLivesMatter, #womensrights, dan #climatecrisis.

Tag : #feed instagram    #pin    #apps    #teknologi    #reels   

Baca Juga