Ilustrasi Interview Kerja (Dok. Jadikaryawan)

Pengertian Interview, Tahapan, Tujuan dan Jenisnya

Olivia | Nasional | 24-06-2022

PARBOABOA – Kamu sedang mencari pekerjaan? Sudah mengajukan lamaran? Sudah melewati tahap interview? Nah, bagi beberapa orang yang sedang melamar pekerjaan dan kemudian menjalani  interview akan merasa gugup karena takut salah memberi jawaban atau respon ketika diberi pertanyaan.

Agar semua itu tidak terjadi dan kamu memiliki kesiapan yang baik, sebaiknya cari tahu dulu sebenarnya interview kerja itu apa, tujuan, tahapan dan jenis seperti apa. Dari situ kamu dapat memaknai dan menghadapi interview dengan tenang serta percaya diri.

Berikut pengertian, tujuan, tahapan dan jenis-jenis dalam dunia interview.

Pengertian Interview

Interview adalah salah satu dari tahapan yang dilakukan sebuah instansi atau perusahaan sebelum merekrut pegawai baru. Biasanya interview kerja atau wawancara kerja dilakukan oleh perwakilan departemen HRD (Human Resource Development).

Jenis percakapan yang dilakukan antar pelamar dan HRD atau yang bertanggung jawab atas penerimaan karyawan baru menggunakan percakapan formal. Namun tak sedikit pula HRD yang menciptakan suasana santai ketika proses interview, agar pelamar tidak merasa gugup.

Semua proses wawancara itu tergantung perusahaan atau instansi yang bersangkutan dan sesuai budaya kerja yang dianut di dalamnya.

Dalam tahapan interview, pelamar harus mempersiapkan beberapa aspek yang diperlukan, seperti persiapan yang matang, bagaimana menciptakan komunikasi yang baik dan menyenangkan, serta terminasi.

Dan biasanya pada proses awal, kamu akan diminta atau dengan sendiri melakukan perkenalan diri saat interview, memberi tahu motivasi saat interview, serta alasan memilih instansi atau perusahaan tersebut. Semuanya itu bisa menjadi nilai tambahan bagi si pelamar.

Tujuan Interview

Mungkin kamu pernah berpikir, sebenanrnya apasih tujuan diadakannya interview ini? Karena beberapa dari pertanyaan yang diberikan saat interview tidak ada kaitannya dengan posisi yang sedang dilamar.

Dilakukannya interview tidak sekedar bincang-bincang biasa, setiap HRD memiliki tujuan yang sudah menjadi standar perusahaan atau instansi itu. Secara umum, berikut tujuan wawancara kerja.

1. Untuk mengetahui kepribadian seorang pelamar.
2. Membantu perusahaan dalam memilih pelamar yang layak untuk posisi yang sedang dibutuhkan.
3. Mencari informasi pendukung yang dibutuhkan perusahaan.

Jenis-Jenis Interview

Sebagai calon pelamar, kamu harus tahu jenis-jenis interview yang diselenggarakan sebuah perusahaan agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

1. Wawancara seleksi

Wawancara seleksi merupakan proses yang dilakukan kepada para pelamar yang memperebutkan satu posisi atau jabatan. Pelamar yang paling terkualifikasi dapat melanjut ke tahap berikutnya.

Waktu yang diperlukan untuk jenis wawancara yang satu ini cukup singkat, yakni antara 15 menit sampai 30 menit.

2. Wawancara Via Telepon

Ada  wawancara atau interview kerja yang dilakukan tanpa harus tatap muka, salah satunya adalah via telepon. Wawancara via telepon dilakukan karena dapat menghemat biaya, lebih efisien waktu dan sudah banyak dilakukan oleh perusahan-perusahaan besar. Oleh karena itu, sebagai pelamar harus siap dihubungi kapan saja.

3. Wawancara di Kampus atau Sekolah

Biasanya wawancara di kampus atau sekolah dilakukan pihak perusahaan untuk mengincar para fresh graduate yang akan dilatih lebih lanjut. Namun jenis interview ini tidak diterapkan semua perusahaan dengan alasan ingin mencari pekerja yang sudah berpengalaman dibidangnya.

4. Walk in Interview

Walk in Interview adalah proses wawancara yang dilakukan pihak recruiter terhadap para pelamar tanpa harus ada janji sebelumnya dan berlangsung secara singkat. Salah satu contoh walk in interview yang sering dijumpai yakni job fair.

Biasanya jenis wawancara yang satu ini berlangsung secara besar-besaran, diruangan yang luas. Pengumuman hasil interview akan langsung keluar, sehingga para pelamar tidak perlu menunggu terlalu lama dan dapat segera berpindah ke perusahaan lainnya yang sedang mencari pekerja saat itu juga.

Itulah informasi seputar interview kerja yang wajib kamu ketahui. Sekarang tugas kamu sebagai pelamar mempersiapkan diri untuk menghadapi pertanyaan interview kerja dan jawabanya. Serta memperhatikan kelebihan dan kekurangan diri saat akan menjalani wawancara kerja.

Tag : #Interview Kerja    #Walk in Interview    #Nasional    #pelamar    #recruiter    #wawancara kerja   

Baca Juga