Ilustrasi, foto: LOG

iOS 16 Resmi Diluncurkan, Ini Daftar iPhone yang Kebagian Update

Wanovy | Teknologi | 07-06-2022

PARBOABOA - Apple resmi mengumumkan iOS 16 dalam acara WWDC 2022, dan memperlihatkan sejumlah peningkatan dan fitur baru yang dibawa perusahaan ke dalam sistem operasi untuk iPhone ini.

iOS 16 rencananya akan tersedia untuk di download pada musim gugur, dengan deretan perangkat ponsel Apple mulai dari iPhone 8 hingga ke model terkini.

Kemungkinan besar, iOS 16 akan debut bersamaan dengan iPhone 14 yang bakal diluncurkan September 2022

Wakil Presiden Senior Apple, Craig Federighi, mengatakan, iOS 16 menjanjikan berbagai fitur baru, opsi personalisasi, dan tentunya tampilan lock screen yang dirombak.

Di iOS 16, pengguna kini dapat mengubah font dan warna yang digunakan di lock screen. Tak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan widget dan membuat lebih dari satu lock screen.

Cukup dengan menggeser layar, pengguna iOS kini dapat dengan bebas mengubah tampilan di lock screen sesuai dengan kepribadian atau mood pada saat itu.

Agar dapat lebih memudahkan pengguna untuk mempersonalisasi tampilan lock screen, Apple juga sudah menyediakan beragam wallpaper untuk dipakai.

Perusahaan juga melakukan perombakan dalam hal notifikasi di lock screen, dimana biasanya tampil menumpuk di layar kini akan "roll" di bagian bawah layar.

Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur "live activities" yang akan menampilkan notifikasi terkait dengan aplikasi, seperti skor pertandingan hingga perjalanan pakai Uber.

Tak hanya dipakai untuk mengenali teks di foto, kini fitur Live Text juga dapat berfungsi dalam format video.

Apple menjanjikan akan tersedia beragam opsi tambahan ketika pengguna menggunakan Live Text di foto atau video.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menambahkan pustaka foto iCloud bersama, dimana fitur ini akan mempermudah pengguna untuk berbagi foto di akun keluarga dan teman.

Nantinya, Photos akan memberikan saran berbagi dan pengeditan gambar serta kata kunci akan disinkron untuk semua pengguna iPhone, iPad hingga Mac.

Di balik perkenalan itu, ada pengguna yang gembira menyambutnya, namun ada juga yang bersedih karena masih pakai iPhone 6 dan iPhone7.

Seperti diketahui, Apple mengumumkan yang tidak kompatibel dengan iOS 16 seperti iPhone SE (generasi pertama), iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus.

Warganet pun banyak yang terkejut iPhone 7 tidak dapat pembaruan iOS 16. Sebelumnya mereka mengira iOS 16 hanya tidak mendukung seri iPhone 6.

Ada juga yang bilang sudah seharusnya pengguna iPhone 6 dan 7 upgrade ponselnya untuk bisa menikmati iOS 16.

Pengguna iPhone lainnya mengatakan "selamat tinggal iPhone 7".

Dalam laman preview iOS 16 di situs Apple, perusahaan menyertakan daftar iPhone model apa saja yang masih kebagian update iOS 16.

Mengutip informasi laman web Apple, Selasa (7/6/2022), berikut adalah daftar model iPhone yang kebagian update iOS 16:

- iPhone 8 dan 8 Plus

- iPhone X

- iPhone SE (2020)

- iPhone XS dan XS Max

- iPhone XR

- iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max

- iPhone 12 mini, iPhone 12, 12 Pro, dan 12 Pro Max

- iPhone 13 mini, iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

- iPhone SE (2022)

Tag : #apple    #ios16    #gadget    #teknologi    #update ios    #iphone   

Baca Juga