Percobaan layanan 5G Telkomsel di Bandara Soekarno Hatta

Jaringan 5G Kini Tersedia di Bandara Soekarno Hatta

Wanovy | Teknologi | 15-03-2022

PARBOABOA, Jakarta - Telkomsel dan PT Angkasa Pura II (Persero) berkolaborasi memperluas dan memperkuat pemanfaatan jaringan serta layanan 5G di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan salah satu objek vital negara sehingga fasilitas yang ditampilkan pun menjadi representasi Indonesia bagi dunia," kata Direktur Penjualan Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit, dalam konferensi pers virtual, Senin, 14 Maret 2022.

Penerapan infrastruktur teknologi jaringan 5G di lingkungan Bandara International Soetta sudah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terutama dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standard keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan.

Sigit berharap kerja sama ini bisa membuka lebih banyak lagi pengalaman konektivitas digital dengan jaringan broadband, yang dapat memperkuat transformasi digital operasional bandara.

Sementara President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan AP II ke depannya akan berupaya untuk menghadirkan jaringan 5G di bandara-bandara lainnya sebagai standar layanan dan operasional.

Adapun penerapan jaringan Telkomsel 5G akan dilakukan secara bertahap di sejumlah area utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G yang akan dikembangkan antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional PT Angkasa Pura II.

Telkomsel juga akan menghadirkan pengalaman akses layanan 5G yang setara bagi seluruh penumpang dengan menghadirkan showcase Telkomsel Orbit 5G di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dengan mengakses Telkomsel Orbit 5G, para penumpang yang belum memiliki device maupun kartu yang mendukung jaringan 5G akan tetap bisa merasakan kecepatan konektivitas Telkomsel 5G dengan maksimal.

Sejak diluncurkan pada Mei 2021 lalu, layanan 5G Telkomsel juga telah beroperasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, terutama di area GraPARI Telkomsel yang ada di kawasan bandara.

Selain itu, Telkomsel juga mengklaim bahwa penarapan infrastruktur jaringan 5G di lingkungan Bandara International Bandara Soetta telah sesuai aturan yang ditetapkan Kominfo, terutama frekuensi jaringan telekomunikasi yang dipakai, sehingga memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan.

Tag : #telkomsel    #jaringan    #internet    #5g    #soekarno hatta   

Baca Juga