beberapa jenis makanan khas lebaran yang penting untuk dihindari (dok:yooreka.id)

Berikut Jenis Makanan yang Perlu Dihindari saat Lebaran

Dimas | Kesehatan | 29-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Selain mudik dan silahturahmi, menyantap makanan khas lebaran juga menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya.

Meski begitu, ada beberapa jenis makanan khas lebaran yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan atau bahkan harus dihindari. Sebab, hal itu dinilai bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan kadar kolesterol hingga menimbulkan risiko hipertensi.

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari saat Lebaran

1. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Beberapa makanan khas lebaran, seperti daging rendang, opor ayam, dan makan yang mengandung santan penting untuk Anda batasi takaran konsumsinya. Sebab, makanan-makanan tersebut diakui mampu dengan cepat menaikkan kadar kolesterol pada tubuh.

Hal itu bisa menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung koroner dan hipert ensi.

2. Makanan cepat saji

Kandungan garam dalam makanan cepat saji atau fast food terbilang sangat tinggi. Sebab, garam menjadi sebuah syarat penting untuk menambah rasa nikmat terhadap makanan.

Selain kandungan garam, makanan cepat saji juga mengandung lemak trans dan lemak jenis yang berisiko meningkatkan kolesterol yang mengakibatkan darah tinggi.

3. Gorengan

Jenis gorengan atau makanan yang mengandung minyak berlebih memang sering kita temui dalam hidangan makanan khas lebaran.

Namun, mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih dapat menimbulkan beberapa penyakit pada tubuh, seperti jantung, diabets dan stroke.

Untuk itu Anda harus membatasi konsumsi makanan-makanan yang mengandung minyak berlebih.

4. Makanan dan minuman manis

Berbagai aneka kue lebaran, sirup serta permen merupakan jenis makanan manis yang selalu dihidangkan sebagai makanan khas lebaran di setiap tahunnya.

Akan tetapi, makanan-makanan tersebut dinilai memiliki kadar gula yang tinggi dan bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan.

5. Minuman bersoda

Beberapa jenis minuman bersoda, sering terlihat menjadi salah satu hidangan khas yang selalu muncul pada momen lebaran.

Minuman bersoda dinilai memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi. Hal itu bisa mengakibatkan berbagi respon negatif bagi tubuh, bahkan bisa menimbulkan beragam penyakit.

Maka dari itu, minuman bersoda sangat penting untuk Anda hindari guna menjaga kondisi tubuh saat lebaran tetap fit dan sehat.

Demikianlah informasi mengenai jenis makanan dan minuman yang penting dihindari saat lebaran. Semoga bermanfaat.

Tag : #lebaran    #makanan khas lebaran    #kesehatan    #kolesterol    #hipertensi    #penyakit jantung   

Baca Juga