Jepang Bersiap Evakuasi Warganya dari Indonesia

Jepang Bersiap Evakuasi Warganya dari Indonesia

rini | Internasional | 14-07-2021

Lonjakan kasus covid-19 di Indonesia belum juga mereda. Hari ini jumlah kasus harian positif corona tercatat sebanyak 54.517 kasus.  Sebanyak 17.762 orang dinyatakan sembuh, namun ada kematian sebanyak 991 orang.

Penambahan kasus positif covid-19 di Indonesia ini menyebabkan beberapa negara memutuskan untuk melarang warga Indonesia berkunjung, seperti Singapura dan Uni Emirat arab.

Pemerintah Jepang memutuskan untuk mengevakuasi warganya dari Indonesia.  Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan, langkah tersebut diambil untuk melindungi keselamatan warga negara Jepang dari risiko penularan Covid-19.

"Untuk melindungi keselamatan warga Jepang, kami akan menempuh berbagai upaya, sehingga warga Jepang yang ingin pulang bisa kembali sesegera mungkin dan sebanyak mungkin," kata Kato, Rabu (14/7/2021).

Bahkan pemerintah Jepang akan menyiapkan penerbangan khusus bagi warganya yang ingin pulang ke Jepang dan akan dibiayai oleh pemerintah.

Tindakan ini diambil karena tercatat sebanyak 10 orang warga Jepang telah meninggal di Indonesia sejak Desember 2020 akibat covid-19.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia Teuku Faizasyah mengatakan, belum ada komunikasi antarpemerintah terkait kabar pemulangan warga Jepang dari Indonesia.

"Belum ada komunikasi antarpemerintah terkait isu yang berkembang ini," kata Faizasyah, Rabu (14/7/2021).

Tag : #kesehatan   

Baca Juga