Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Tanda-tanda dan Bacaan Doa (Lamsari/Parboaboa.com)

Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Simak Tanda-Tanda Lengkap dengan Bacaan Doanya

Sari | Pendidikan | 18-04-2022

PARBOABOA – Lailatul Qadar merupakan malam yang paling dinantikan pada bulan Ramadhan, karena memiliki banyak Keutamaan. Hal ini membuat banyak orang yang bertanya, kapan malam Lailatul Qadar akan datang?

Salah satu keistimewaan malam Lailatul Qadar adalah waktu diturunkannya Al-Quran dan amalan yang dilaksanakan pada malam itu pahalanya lebih baik dari seribu bulan.  Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu ? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar” [Al-Qadar/97 : 1-5]

Dan pada malam itu dijelaskan segala urusan akan penuh hikmah.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَا ۚ إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui” [Ad-Dukhan/44 : 3-6]

Lalu, kapan malam lailatul qadar itu datang? Dalam artikel ini Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber tentang tanda-tanda malam lailatul qadar, doa Lailatul Qadar dan amalannya. Simak informasi dibawah ini, supaya dapat kita resapi pada pertengahan bulan Ramadhan ini (18/04/2022).

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Dari Ibnu Abbas, Rasullah SAW bersabda tentang kapan malam Lailatul Qadar "Yaitu malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan." (Imam Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman, 3693).

Pada malam yang penuh dengan kemuliaan ini, kapan malam lailatul qadar ditandai dengan suasana malam yang tenang. Malaikat-malaikat akan turun ke bumi membawa kebaikan, memberi suasana yang bersahabat dan membuat suasana malam tampak bercahaya walaupun tidak ada sinar bulan atau cahaya yang menerangi.

Ketika Lailatul Qadar orang yang sedang beribadah akan merasa sangat tenang dan lebih khusyuk. Dalam beberapa riwayat dijelaskan jika kapan malam Lailatul Qadar terjadi pada malam di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Malam Lailatul Qadar yang paling utama adalah pada malam-malam ganjil atau malam ke 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan.

"Carilah Lailatur Qadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari akhir bulan Ramadan." (HR. Bukhari)

Mengutip dari IAIN Madura, Berikut tanda-tanda kapan malam Lailatul Qadar akan datang.

1. Udara dan angin pada malam ganjil bulan Ramadhan itu terasa tenang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Hal ini sesuai dengan hadits nabi: “Lailatu Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tida begitu dingin” (HR. Ibnu Huzaimah).

2. Seseorang sangat menikmati ibadahnya, mereka merasa sangat semangat dan tidak ingin berhenti beribadah. Hal tersebut karena pada malam itu turun para malaikat dan malaikat jibril ke bumi dengan membawa rahmat dari Allah SWT

3. Malam hari tampak sangat terang walaupun sedang tidak ada sinar bulan, itulah jawaban kapan malam Lailatul Qadar akan datang.

Doa Malam Lailatul Qadar

Berikut adalah beberapa bacaan doa Lailatul Qadar.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Latin: Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa`fuanna

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Zat yang Maha Pemurah."

Surah Al-Baqarah: 201

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: Rabbana atina fiddunya hasanah, Wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar.

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

Amalan pada Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar artinya malam yang penuh dengan kemuliaan, para malaikat akan turun pada malam ini membawa keberkahan dan rahmat untuk semua umat muslim. Maka sebaiknya, pada 10 terakhir ramadhan kita bisa meningkatkan amalan ibadah untuk mendapatkan pahala ketika Lailatul Qadar.

Berikut adalah amalam pada malam Lailatul Qadar yang bisa kita ikuti:

1. Melaksanakan Salat

Dalam pencarian malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk memperbanyak sholat malam Lailatul Qadar, seperti salat tarawih, salat taubat, salat tasbih, salat tahajud, salat hajat dan salat witir. Hal ini sesuai dengan Hadist HR. Bukhari.

“Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901)

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa ketika seseorang mengerjakan sholat malam Lailatul Qadar akan memperoleh pahala dan ampunan dosa yang berlimpah.

2. Membaca Al-Quran

Salah satu Ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW pada malam-malam bulan Ramadhan adalah membaca kitab suci Al-Quran atau tadarus Quran.

3. I’tikaf

I'tikaf artinya berdiam di dalam masjid dengan syarat tertentu dan niat ibadah semata-mata hanya untuk Allah SWT. Momen di mana umat islam bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT, bermuhasabah atau intropeksi diri kepada perbuatan yang dilakukan selama ini.

4. Bersalawat untuk Nabi Muhammad SAW

Dalam mencari malam lailatul Qadar, umat islam dianjurkan untuk selalu bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

5. Bertaubat

Amalam yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar juga bisa diisi dengan muhasabah diri atau merenungkan kesalahan.

FAQ – Tentang Laulatul Qadar

  • Kapan Malam Lailatul Qadar 2022?

Tidak ada satu orangpun yang mengetahui kapan terjadi malam Lailatul Qadar, hanya saja beberapa hadist menunjukkan pertanda atau ciri-ciri malam lailatul Qadar. Disebutkan bahwa Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil dari pada malam-malam genap. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

  • Apa Manfaat Malam Lailatul Qadar?

Lailatul Qadar artinya jika seseorang beribadah maka pahala yang akan didapatkan lebih baik dari ibadah yang dilakukan selama seribu bulan.

  • Apa Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar?

Nuzulul Quran adalah peristiwa pertama kali diturunkannya Al Quran ke bumi kepada Nabi Muhammad SAW, sedangkan Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan yang terjadi pada bulan Ramadhan.

Tag : #pendidikan islam    #lailatul qadar    #pendidikan    #ramadhan    #al quran   

Baca Juga