Kenali 6 Ciri-ciri Asam Urat Tinggi dan Cara Mencegahnya

Penulis : Krisna | Kesehatan | 25-11-2022

Kenali 6 Ciri-ciri Asam Urat Tinggi dan Cara Mencegahnya (Foto: Kompas Health)

PARBOABOA, Jakarta - Mungkin, sering kali tanpa kita sadari mengalami beberapa ciri-ciri asam urat. Salah satunya gangguan sendi dan otot yang menyebabkan orang yang mengalaminya sulit berjalan.

Namun, sayangnya ciri-ciri asam urat ini banyak disepelekan, karena kondisi tersebut cepat atau lambat dianggap bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya.

Penyakit asam urat atau gout adalah bentuk radang sendi yang umum dan kompleks yang bisa menyerang siapa saja.

Ciri-ciri asam urat ini ditandai dengan serangan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah, pembengkakan, kemerahan dan nyeri seperti ditekan pada sendi, seringkali sendi pada pangkal ibu jari.

Diketahui, serangan asam urat dapat terjadi secara tiba-tiba, seringkali membangunkan kita di tengah malam dengan rasa terbakar pada jempol kaki kita. Sendi yang terkena akan terasa panas,kemerahan, terasa nyeri seperti ditekan pada sendi, terjadi pembengkakan dan begitu lunak sehingga tak tertahankan.

Kemudian, pemicu asam urat ini terbilang beragam. Mulai dari faktor genetik, pola hidup yang tidak sehat, pengonsumsian obat-obatan tertentu, dan penyakit kronis, seperti hipotiroidisme dan psoriasi (peradangan kulit).

Berikut ciri-ciri asam urat dan gejalanya yang wajib kita ketahui dilansir dari Mayo clinc.

Ciri-ciri Asam Urat Tinggi

Meski penderita berpotensi tidak mengalami gejala sama sekali, tidak ada salahnya mengkhawatirkan ciri-ciri asam urat tinggi berikut ini dilansir dari Heathline dan Creaky Joints:

1. Nyeri di Area Kaki

Nyeri di bagian Kaki adalah penumpukan kristal asam urat dapat terjadi bagian kaki, terutama di area jari, lutut, ataupun pergelangan. Meski begitu, penyakit ini cenderung menyerang area jempol sehingga memicu sakit luar biasa hingga kemerahan.

Sehingga pengidapnya bisa merasakan gabungan rasa sakit di bagian tertentu. Jika kondisi tersebut muncul, berarti pengidapnya mengalami poliartikular, yakni gejala asam urat yang menyerang lebih dari satu sendi sekaligus.

2. Rasa Sakit Kian Terasa saat Malam Hari

Gejala nyeri sendi semakin hebat saat malam hari. Hal itu bisa disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda, termasuk perubahan suhu tubuh ataupun dehidrasi.

3. Mudah Lelah

Nyeri otot akibat asam urat menyebabkan pengidapnya cepat merasa lelah bahkan demam karena mudah terkena flu. Namun, kondisi ini sering terjadi ketika asam urat mencapai tingkat kronis.

4. Batu Ginjal

Selain nyeri sendi, orang dengan asam urat yang tinggi berpotensi mengembangkan penyakit batu ginjal dengan gejala khusus, seperti nyeri di punggung bagian bawah, demam, mual, muntah, urine berdarah, dan sakit perut.

5. Tumbuhnya Benjolan Abnormal

Benjolan yang muncul di jaringan sendi tanpa alasan tertentu disebut dengan tophi. Tophi umumnya dirasakan oleh pengidap asam urat kronis karena penumpukan kristal yang fatal. Apabila kondisi ini muncul, nyeri yang dirasakan akan lebih tajam dari sebelumnya.

6. Nyeri yang Hilang-Timbul

Gejala asam urat terkadang tidak muncul secara konsisten. Kondisinya bisa berlangsung dalam hitungan jam lalu menghilang dalam beberapa hari hingga berminggu-minggu. Jika tidak segera diatasi, gejala yang muncul nantinya akan semakin intens dan dapat mempengaruhi kesehatan jangka panjang.

Cara Mencegah Asam Urat

Sebenarnya, penyakit asam urat cukup sulit dikenali apabila keluhannya belum terjadi. Sehingga sangat sulit untuk menilai kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh seseorang apabila tidak dilakukan langkah pemeriksaan darah.

Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak bisa melakukan upaya pencegahan agar penyebab asam urat tinggi tidak menyerang. Ada beberapa cara mencegah asam urat yang bisa dilakukan antara lain:

1. Konsumsi makanan rendah lemak dan protein

2. Banyak konsumsi air putih, minimal 2 liter per hari

3. Hindari konsumsi makanan tinggi purin penyebab asam urat seperti jeroan, daging merah, seafood.

4. Hindari konsumsi minuman yang memiliki kandungan alkohol

5. Batasi konsumsi minuman yang memiliki kandungan gula berlebihan

6. Jaga berat badan supaya tetap pada rentang ideal

7. Sering olahraga

Itulah ciri-ciri asam urat tinggi dan cara mencegahnya yang perlu kita ketahui, dan semoga dapat bermanfaat.

Editor : -

Tag : #asam urat    #ciri-ciri asam urat    #kesehatan    #cara mencegah asam urat   

Baca Juga