Kenali Gejala Virus Polio pada Anak, Tak Semua Sebabkan Kelumpuhan (Foto: Liputan6)

Kenali Gejala Virus Polio pada Anak, Tak Semua Sebabkan Kelumpuhan

Krisna | Kesehatan | 21-11-2022

PARBOABOA, Jakarta - Virus Polio atau poliomyelitis saat ini kembali mengancam warga Indonesia, terutama pada kelompok anak. Oleh sebab itu para orang tua harus mengetahui beberapa gejala virus polio pada anak.

Satu kasus polio ditemukan di Kabupaten Pidie, DI Aceh. Pasien dilaporkan mengalami demam pada awal Oktober lalu, diiringi dengan rasa lemah di otot.

Dalam laporan tersebut, diketahui bahwa pasien yang bersangkutan belum pernah mendapatkan imunisasi polio. Sedangkan, imunisasi menjadi satu-satunya cara untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut.

Polio atau poliomyelitis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus polio. Penyakit ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga menyebabkan kematian.

Gejala Virus Polio pada Anak

Pada dasarnya, virus polio atau poliomyelitis ini bisa menyerang siapa saja. Tetapi berdasarkan catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polio umumnya menyerang anak usia di bawah lima tahun. Maka dari itu orang tua harus mengetahui gejala virus polio pada anak.

Sebelumnya, kita perlu mengetahui bahwa tidak semua virus polio menyebabkan kelumpuhan. Pada beberapa kasus, infeksi hanya menimbulkan gejala ringan yang sama seperti flu atau penyakit infeksi lainnya.

Berdasarkan gejala yang muncul, polio dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu polio yang tidak menyebabkan kelumpuhan (nonparalis) dan polio yang menyebabkan kelumpuhan (paralisis).

Polio nonparalisis

Jenis polio nonparalisis ini tidak menyebabkan kelumpuhan. Namun, kita perlu mengetahui bahwa gejala penyakit polio ini muncul 6–20 hari sejak terpapar virus dan bersifat ringan. Gejala polio nonparalisis berlangsung selama 1–10 hari dan akan menghilang dengan sendirinya. 

Berikut ini beberapa gejala jenis penyakit polio nonparalisis yang perlu kita ketahui.

1. Demam

2. Sakit kepala

3. Radang tenggorokan

4. Muntah

5. Otot terasa lemah

6. Kaku di bagian leher dan punggung

7. Nyeri dan mati rasa di bagian lengan atau tungkai

Polio paralisis

Polio paralisis adalah jenis polio yang berbahaya, karena dapat menyebabkan kelumpuhan saraf tulang belakang dan otak secara permanen. Gejala awal polio paralisis serupa dengan polio nonparalisis. Namun, dalam waktu 1 minggu, akan muncul gejala berupa:

1. Hilangnya refleks tubuh

2. Ketegangan otot yang terasa nyeri

3. Tungkai atau lengan terasa lemah

Sehingga, orang tua disarankan untuk mewaspadai beberapa gejala virus polio pada anak di atas demi mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Karena, sekitar 1 sampai 200 infeksi polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

Sementara itu, di antara pasien yang mengalami kelumpuhan, sekitar 5-10 persen dilaporkan meninggal dunia saat otot pernapasan tak bisa bergerak.

Tag : #virus polio    #gejala polio    #kesehatan    #virus polio pada anak   

Baca Juga