Warga Desa Wanasari dilarikan ke puskesmas untuk perawatan medis

Keracunan Makanan Massal di Sukabumi Usai Hadiri Hajatan Pesta Pernikahan

rini | Kesehatan | 23-08-2021

PARBOABOA, Sukabumi - Usai menyantap makanan di sebuah acara hajatan pesta pernikahan di Desa Wanasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, sebanyak 80 orang warga dilaporkan mengalami keracunan pada Minggu (22/8).

Warga yang mengalami keracunan mengalami gejala pusing dan muntah hingga diare. Para warga telah dibawa ke Puskesmas Pembantu Desa Wanasari untuk mendapat penanganan medis. Keracunan tidak hanya dialami warga Desa Wanasari, beberapa warga lain dari kampung sekitar juga mengalami gejala yang sama.

Kepala Puskesmas Surade, dr Solitaire mengatakan efek dan gejala yang dirasakan antar warga beragam, mulai dari mual, muntah hingga buang air besar.

"Mulai dari Magrib tadi warga terus berdatangan dengan keluhan sakit perut yang hebat kemudian disusul mual dan muntah. Berdasarkan riwayat pagi tadi warga sekitar jam 11.00 WIB, pergi ke acara hajatan dan membawa makanan dari sana," kata dr Solitaire.

Sampel makanan telah diambil untuk diperiksa di laboratorium untuk memastikan penyebab keracunan.

"Sampel makanan kita ambil dari segala jenis makanan, dan juga sampel muntahan sudah dibawa ke Labkesda untuk untuk dipastikan apa penyebab keracunannya. Karena indikasi jelas karena keracunan makanan. Statusnya hingga saat ini ada sebanyak 80 orang korban rawat jalan. Observasi sementara di Pustu Warnasari 3 orang, sebagian ada yg sudah pulang, tinggal satu orang di Pustu Warnasari," paparnya.

Gejala ringan yang dialami warga menyebabkan penangan dapat dilakukan dengan cepat, sebagian warga sudah berangsur pulih.

Tag : #kesehatan   

Baca Juga