Ilustrasi

Perhatikan! Ini Kesalahan yang Bikin Baterai HP Boros dan Cepat Rusak

Wanovy | Teknologi | 29-06-2022

PARBOABOA - HP kamu jarang dipakai tapi baterai cepat habis? Kondisi ini bisa saja terjadi karena beberapa alasan yang harus kamu cari tahu penyebabnya.

Baterai HP yang cepat habis akan mempengaruhi performa perangkat. Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi ini tidak hanya membuat tidak nyaman saat digunakan, tetapi juga bisa membuat HP lebih cepat rusak.

Ada banyak faktor yang jadi penyebab baterai HP menjadi lebih cepat habis.

Permasalahannya, bagian baterai ini sering kali rusak dan uniknya ini diakibatkan oleh ulah kita dalam keseharian.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang sering kali dilakukan yang dapat mengurangi nyawa baterai smartphone-mu. Yuk, simak informasinya!

1. Menunggu Baterai Sampai 0%

Pastinya banyak diantara kamu yang baru akan mengisi daya smartphone saat kondisi baterai sudah mendekati 0%. Ini hal yang salah karena akan mengucurkan umur baterai HP.

Kamu harus mengisi daya smartphone ketika baterai berada di bawah 30% namun tidak kurang dari 15%.

2. Jangan Charge hingga 100%

Apabila Kamu sering mengisi daya smartphone hingga 100% secara terus menerus, masa pakai baterai Kamu akan terus berkurang.

Hal ini dikarenakan tiap smartphone memiliki siklus pengisian daya yang tepat. Cabutlah charger ketika menyentuh angka di bawah 98%3 agar masa pakai tidak boros.

3. Instal aplikasi sembarangan

Ada baiknya kamu selalu berhati-hati saat ingin instal aplikasi. Sebab aplikasi yang kita download dapat memengaruhi kinerja HP.

Hindari mengunduh aplikasi selain dari platform yang resmi seperti Google Play Store karena dapat menyerang sistem operasi yang membuat HP jadi lemot bahkan melakukan ping lokasi terus menerus yang bisa membuat baterai cepat habis.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari aplikasi penghapus memori atau penghemat baterai dari pihak ketiga karena banyak dari aplikasi jenis tersebut yang justru memakan banyak memori dan mengganggu fungsi HP.

4. Tidak memerhatikan penggunaan aplikasi

Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan merupakan hal berikutnya yang bisa bikin baterai HP jadi cepat terkuras.

Ada baiknya kamu rajin-rajin menutup aplikasi yang ada di task manager untuk meringankan kinerja HP dan menghemat daya perangkat.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek aplikasi apa saja yang sebenarnya diam-diam sedang berjalan tanpa kelihatan di tampilan HP.

5. Charge HP semalaman

Kesalahan yang berikutnya adalah membiarkan charger tercolok listrik semalaman. Hal ini bisa memperpendek daya tahan baterai dan membuat HP atau smartphone cepat rusak.

Ketika baterai sudah penuh 100% sebaiknya langsung dicabut. Maka dari itu hindari charge smartphone kamu di malam hari terutama sebelum tidur.

6. Membiarkan charger terus menancap

Dilansir dari PCMag, membiarkan charger terus menancap saat baterai sudah penuh dapat merusak smartphone.

Bukan karena daya yang berlebihan, tetapi karena panas dari listrik akan membuat baterai panas. Jika kamu sering melakukannya, usia baterai pun semakin singkat.

7. Tidak up-date software terbaru

Download dan install software memang memakan waktu dan paket data. Akan tetapi, menghiraukan notifikasi update bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan.

8. Wifi terus menyala

Fitur wifi yang terus menyala tampa digunakan bisa menguras baterai dan membuatnya terasa lebih panas.

Jika ponsel terus mencari sinyal Wi-Fi di saat yang tidak dibutuhkan bahkan saat tidak ada sambungan wifi, ia dapat dengan mudah membakar banyak daya.

9. Sinyal tidak stabil

Tak cuma wifi, sinyal data seluler yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis.

 Ini karena pada saat sinyal tidak stabil, perangkat akan membuat hp mencari sinyal secara terus menerus.

Untuk mensiasatinya, kamu bisa mematikan data selulermu saat berada di lokasi yang susah sinyal.

10. Menggunakan Fitur Fast Charging

Siapa di sini yang terbiasa menggunakan fitur fast charging? Jika kamu adalah salah satunya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini sekarang karena berpotensi merusak baterai dan ponselmu.

Fitur ini memang cukup membantu, sebab kita tidak perlu menunggu lama sampai daya baterai terisi.

Namun fitur ini bisa berdampak buruk sebab fast charging membutuhkan voltase yang lebih besar serta menghasilkan temperatur yang lebih panas.

Sehingga jika terlalu sering digunakan, fitur ini bisa memperpendek usia baterai ponselmu.

Nah, itulah tadi 10 kesalahan yang bikin baterai HP boros dan cepat habis. Jika mengalami masalah pada baterai, kamu bisa coba cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa terisi penuh saat di charge yang sudah kami siapkan. Semoga bermanfaat!

Tag : #baterai hp    #charger    #tips    #teknologi    #gadget    #adaptor   

Baca Juga