Ilustrasi mahasiswa pendidikan akademi keperawatan.

Menko PMK Harapkan Kualitas Pendidikan bidang Kesehatan Setara dengan Lembaga Pendidikan Vokasi Lain

Maraden | Pendidikan | 18-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Pemerintah mengharapkan pendidikan vokasi khususnya bidang kesehatan agar kualitasnya memiliki kesetaraan dengan bidang vokasi lainnya.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy Muhadjir di acara Pertemuan Koordinasi Nasional Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan 2021, dikutip dari siaran pers, Selasa (16/11/2021).

Muhadjir mengatakan, lembaga pendidikan vokasi bidang kesehatan harus memiliki kesetaraan dan standarisasi yang sama. Hal itu dikatakannya sangat penting dilakukan agar dapat memajukan lembaga pendidikan vokasi bidang kesehatan.

"Yang paling penting, terkait kesetaraan, kualifikasi, dan ekspektasi yang sama. Harus ada target kesetaraan dan standardisasi," ujar Muhadjir di acara Pertemuan Koordinasi Nasional Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan 2021, dikutip dari siaran pers, Selasa (16/11/2021).

Muhadjir menyoroti lembaga pendidikan vokasi kesehatan yang salah satunya ialah politeknik kesehatan (poltekes) yang ada di bawah Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Menurut dia Poltekkes tersebut seharusnya bisa menjadi rujukan bagi sekolah tinggi kesehatan lainnya yang ada di luar Kemenkes. Dengan begitu, kata dia, maka akan terdapat standar dan kualifikasi pendidikan kesehatan yang sama.

Oleh karena itu, Muhadjir menilai perlu ada revitalisasi pendidikan vokasi di bidang kesehatan karena hal tersebut merupakan bagian penting dari upaya pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kesetaraan kualifikasi dan standarisasi pendidikan kesehatan pun diharapkan menjadi solusi dari kesetaraan yang diinginkan Muhadjir itu.

Menurut dia meskipun memiliki lembaga pendidikan sendiri, Kemenkes seharusnya juga meng-cover seluruh perguruan tinggi bidang kesehatan yang ada di kementerian lain," kata dia.

Untuk mencapai harapannya itu, Muhadjir mengakui memang perlu ada kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah di daerah untuk dapat merealisasikannya.

Tag : pendidikan, pendidikan kesehatan, pendidikan vokasi, kemenkes, akper, akbid

Berita Terkait